AsiaNet 47430

GUANGZHOU, China, 22 November 2011 (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) --

     Canton Fair ke-110 baru-baru ini telah menetapkan tujuan baru yaitu meningkatkan perdagangan bilateral antara China dan negara-negara lainnya. Pameran terkemuka di China ini, yang berakhir pada tanggal 4 November, menghasilkan keuntungan hampir $38 miliar, naik 3% dari sesi ke-109 yang berlangsung pada musim semi.

     Angka ini telah meningkat pada rangkaian acara kali ini. Hampir 210.000 pembeli dari 210 negara dan wilayah turut berpartisipasi, termasuk lebih dari 100 dari 250 pedagang ritel terkemuka di dunia. Ketiga pembeli berasal dari 10 mitra dagang terkemuka di China -- kontrak lebih banyak ditandatangani oleh pembeli dari Jepang, Rusia, Brazil, dan India dibandingkan dengan acara sebelumnya. Keseluruhan jumlah kontrak ditandatangani oleh pembeli dari Afrika, Asia, dan Amerika Latin yang meningkat hampir 40%.

     Jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari para warga kelas atas China serta politisi dan pemimpin bisnis internasional telah menghadiri Pameran ini, dengan menegaskan posisi China sebagai kekuatan ekonomi yang meningkat. Dengan perekonomian di dunia saat ini yang tengah berada dalam pemulihan yang cukup lama, acara ini berperan penting dalam merangsang bisnis global. Dalam sambutannya, Perdana Menteri Wen Jiabao menekankan perlunya China menyeimbangkan impor dan ekspor, sementara Presiden Hu Jintao memuji peran Canton Fair selama 55 tahun dalam memperkuat hubungan perdagangan internasional. Beliau mengatakan bahwa China akan semakin maju dengan melakukan Rencana Lima Tahun (Five Year Plan) ke-12 yang tengah berlangsung.

     Tahun ini adalah ulang tahun ke-55 Canton Fair dan ulang tahun ke-10 masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Guna menandai acara tersebut, VIP yang menghadiri Pameran ini diundang untuk mengikuti forum tentang perkembangan peran China dalam WTO, pembahasan tersebut antara lain pengembangan kerjasama ekonomi Sino-Jepang, ekspor Amerika Latin ke China, dan pertukaran antar provinsi China dan negara bagian Amerika juga turut dibahas.

      Setelah promosi internasional yang belum pernah ada sebelumnya, Canton Fair ke-110 menampilkan lebih dari 58.000 stan perdagangan. Lebih dari 500 peserta dari hampir 50 negara dan wilayah hadir di area impor pada Pameran ini. Para pengunjung, VIP dan bisnis menikmati layanan tingkat tinggi yang memudahkan untuk partisipasi dan memfasilitasi perdagangan.

       "Bagian impor yang meluas pada Canton Fair ini akan berdampak besar pada seluruh sektor impor China," ujar Menteri Perdagangan China, Chen Deming, saat beliau mengawasi acara tersebut. "Keberhasilan yang terjadi di daerah ini merupakan bagian integral dalam menyeimbangkan perdagangan bilateral China."

     Pertanyaan Media

     China Import and Export (Canton) Fair ke-110:
     15 Oktober -- 4 November 2011

     Web: www.cantonfair.org.cn/en/

     SUMBER:  China Foreign Trade Centre (CFTC)

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011