Pangkalpinang (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan arus balik di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung dan Tanjung Priok Jakarta akan dimulai H+3 Lebaran 2022.

"Pada hari 'H' Idul Fitri hingga H+2 Lebaran tahun ini kapal angkutan penumpang masih libur," kata Kasubsi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan kapal angkutan arus balik Lebaran rute Pelabuhan Pelabuhan Pangkalbalam Pulau Bangka-Pelabuhan Tanjung Pandan Pulau Belitung dilayani satu kapal cepat, mulai beroperasi pada H+3 Lebaran 2022.

Baca juga: Presiden imbau pemudik kembali lebih awal hindari kepadatan arus balik

Kapal angkutan arus balik Lebaran rute Pelabuhan Pangkalbalam-Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta yang dilayani enam kapal Roro mulai beroperasi pada H+4 Lebaran.

"Pelayanan kapal angkutan arus balik tahun ini tergantung kondisi calon penumpang, misalnya kalau besok (3/5) calon penumpang sudah banyak tentu kita segera mengoperasikan kapal," ujarnya.

Dia menyebut saat ini calon penumpang kapal di terminal penumpang Pelabuhan Pangkalbalam belum ada, demikian juga di Pelabuhan Tanjung Pandan dan Tanjung Priok belum ada calon penumpang yang akan melakukan arus balik Lebaran tahun ini.

"Diperkirakan lonjakan arus balik Lebaran tahun ini akan terjadi pada H+15 Lebaran yang didominasi para pekerja perkebunan kelapa sawit dan masyarakat umum lainnya," katanya.

Ferdiansyah juga selaku Ketua Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam mengimbau masyarakat yang melakukan arus balik untuk selalu berhati-hati, waspada, dan tidak membawa barang bawaan yang berlebihan.

"Kami mengimbau calon penumpang kapal untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi 'booster' (penguat), agar terhindar dari virus corona selama melakukan perjalanan," katanya. 

Baca juga: 179.083 kendaraan tinggalkan Jabotabek di Hari Lebaran, naik 34 persen
Baca juga: Puncak arus balik di Bandara Belitung diperkirakan pada H+5 Lebaran
Baca juga: Menko PMK: Persiapan rekayasa lalin efektif urai kemacetan arus balik

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022