Kami proyeksikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul hari ini lebih dari 25 ribu orang.
Gunung Kidul (ANTARA) - Ribuan wisatawan memadati objek wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2022 yang datang dari berbagai daerah, baik dari DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kami proyeksikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul hari ini lebih dari 25 ribu orang. Hal ini mengingat kendaraan wisatawan sudah memadati objek wisata sejak pagi," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Mohammad Arif Aldian di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Pada H+1 Lebaran sebanyak 5.138 orang, H+2 Lebaran sebanyak 21.736 orang, dan hari ini diproyeksikan lebih dari 25 ribu orang.

Baca juga: Dishub imbau bus wisata ke Mangunan tidak melewati jalur Cinomati

"Melihat kepadatan lalu lintas menuju objek wisata di seluruh Gunung Kidul, kami optimistis jumlah kunjungan wisatawan lebih dari 25 ribu orang pada hari ini," kata Aldian.

Dia mengatakan objek wisata pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal karena lokasi pantai dekat dengan jalan dan mudah dijangkau.

"Semua pantai memiliki keunikan dan keindahan masing-masing, namun Pantai Indrayanti lebih dekat dengan jalan, sehingga banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Baca juga: Polres Bogor berlakukan arus lalu lintas satu arah di Puncak

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Surisdiyanto mengatakan gelombang kawasan pantai selatan landai. Pada Kamis (5/5) diperkirakan ada peningkatan gelombang.

"Ada peningkatan gelombang air laut, tetapi aman," kata Surisdiyanto.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022