Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia kembali mengkampanyekan gerakan "Indonesia Menabung" yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Bank Indonesia pada 20 Februari 2010.

Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad di Jakarta, Rabu mengatakan BI dan perbankan akan melakukan kampanye bersama dengan tema "Sambut Hari Depan Terencana, Ayo Menabung" yang akan dimulai Desember 2011 sampai Februari 2012.

"Pada tahap awal, pelaksanaan kampanye bersama ini akan dilakukan di Jakarta dan enam daerah pilot project yaitu Makassar, Banjarmasin, Surabaya, Semarang, Bandung dan Medan. Kampanye ini akan dilakukan secara tematik dan akan dikomunikasikan melalui media komunikasi milik perbankan," katanya.

Sejalan dengan kampanye itu, BI bekerjasama dengan Kemendiknas melanjutkan program integrasi pendidikan keuangan dan perbankan kedalam kurikulum untuk SD dan SMP.

BI juga mendorong Gerakan Indonesia Menabung dengan menetapkan hari Rabu minggu pertama setiap bulan untuk masyarakat menabung, khususnya dilakukan oleh Pelajar.

"RABU singkatan dari RAjin menaBUng. Pada hari itu, Perbankan diharapkan dapat memberikan pelayanan khusus kepada nasabah yang akan menabung di kantor bank atau bank dapat memobilisasi untuk mendatangi sekolah untuk anak-anak dapat menabung di sekolah yang didatangi oleh bank," katanya.

Muliaman mengatakan pencapaian produk TabunganKu sampai dengan Oktober 2011 sebesar 1,97 juta rekening dengan jumlah nominal Rp2,008 triliun.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011