Medan (ANTARA News) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Sumatera Utara menerima penghargaan dari Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara sebagai "Mitra Emas" yang telah banyak mendukung Tridharma Perguruan Tinggi.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara "Resepsi Pemberian Piagam Penghormatan Dalam Rangka Merayakan Ulang Tahun Emas" Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Rabu malam yang juga dihadiri berbagai tokoh Sumatera Utara maupun nasional.

Penghargaan diberikan kepada Perum LKBN ANTARA Biro Sumut karena merupakan salah satu institusi yang telah berperan dalam pembangunan USU dan Fakultas Ekonomi USU. Penghargaan  diserahkan oleh Rektor USU Prof Syahril Pasaribu didampingi Dekan Fakultas Ekonomi USU Jhon Tafbu Ritonga dan diterima langsung Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut Simon Pramono.

Jhon Tafbu Ritonga mengatakan, peran LKBN ANTARA sangat penting, baik memberikan informasi maupun sebagai sumber berita, dan hal ini juga perlu bagi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Informasi perkembangan USU dan pendapat atau ide akademinya turut membangun cakrawala dan menginspirasi masyarakat, dari Indonesia hingga ke seluruh penjuru dunia.

Bahkan, jelasnya, informasi yang diperoleh dari LKBN ANTARA seluruh dunia mengetahui kegiatan perguruan tinggi tersebut.Dari LKBN ANTARA pula para akademi mengetahui yang terjadi di seluruh belahan bumi.

"Jika pemberitaan FE USU dan LKBN ANTARA dicari melalui Google dan Yahoo akan muncul banyak halaman yang mengabarkan kedekatan atau kemitraan ANTARA dan FE USU.Inilah salah satu alasan mengapa kami memberikan pengharagaan kepada LKBN ANTARA," katanya.

Selain Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, beberapa perusahaan lainnya penerima penghargaan "Mitra Emas" adalah Harian Analisa, Waspada, TVRI Medan, PT BNI 46 Tbk, Bank Indonesia, PT Pertamina, Bank Sumut, PT Perkebunan Sumatera Utara, PT Pelabuhan Indonesia I dan PT Perkebunan Nusantara III.

"Ada 24 tokoh dan 11 institusi yang mendapat penghargaan karena selama ini telah berperan besar terhadap kemajuan USU dan khususnya Fakultas Ekonomi.Angka 24 dan 11 memiliki arti tersendiri bagi kami, yakni 24 merupakan tanggal lahirnya Fakultas Ekonomi USU dan 11 merupakan bulannya," kata Ritonga.
(KR-JRD)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011