Moskow (ANTARA) - Sebuah pesawat Il-80 Rusia, yang akan berfungsi sebagai pos komando strategis pada "hari kiamat" perang nuklir, ikut serta dalam latihan parade Hari Kemenangan mendatang, pada Rabu (4/5).

Bersama dengan pesawat tempur dan pengebom strategis, Il-80 yang dikawal oleh dua jet MiG-29 terbang di atas Kota Moskow.

Delapan pesawat MiG-29SMT terbang melewati Lapangan Merah dalam formasi berbentuk "Z" untuk mendukung pasukan Rusia yang berpartisipasi dalam operasi militer khusus di Ukraina.

Rusia menggelar parade militer pada 9 Mei setiap tahun untuk memperingati kemenangan Uni Soviet dalam Perang Patriotik Raya melawan Nazi Jerman.

Sekitar 11.000 orang, 131 jenis senjata dan peralatan militer, serta 77 pesawat akan berpartisipasi dalam parade utama di Lapangan Merah tahun ini untuk menandai peringatan 77 tahun kemenangan, kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Rabu.

Secara keseluruhan, parade militer tahun ini akan diadakan di 28 kota di Rusia, dengan melibatkan hampir 65.000 orang, sekitar 2.400 jenis senjata dan peralatan militer, serta lebih dari 460 pesawat, tambahnya. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022