Brebes (ANTARA) - Beberapa pemudik yang melintasi daerah Brebes pada arus balik Lebaran tahun ini memilih makanan khas daerah itu, yakni telur asin, sebagai oleh-oleh.

Salah satu pemudik asal Cirebon, Ani, yang ditemui salah satu toko telur asin di kawasan Jalan Diponegoro, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis mengatakan dirinya sengaja menyempatkan diri untuk singgah di sentra oleh-oleh telur asin sebelum kembali ke perantauan di Surabaya
 
"Saya aslinya dari Cirebon mau ke Surabaya. Ini biasanya saya bawa pesanan teman-teman di Surabaya," katanya.
 
Ia mengemukakan dari beberapa pilihan kotak telur asin, biasanya dia membeli sekitar 25 sampai 30 kotak untuk setiap pembelian.
 
Senada dengan Ani, Abduh, pemudik asal Bekasi yang tengah berkunjung ke Brebes untuk bersilaturahim dengan sanak saudaranya juga memilih telur asin sebagai oleh-oleh.
 
Abduh bercerita ia biasanya membeli sekitar 10 kotak, namun karena padatnya pengunjung membuat ia dibatasi pembeliannya.
 
"Telur asin ini kan sudah terkenal khas Brebes, kebetulan kami ada saudara di Brebes ini dan setiap tahun kalau kami pulang ke Jakarta pasti beli telur asin dulu," ucapnya.
 
Pembeli oleh-oleh telur asin di beberapa daerah di Brebes diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring dengan puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022