Ringkasan Advokasi Berbasis Bukti menyerukan sektor swasta untuk mengadopsi strategi pengadaan yang responsif gender dan mengintegrasikan bisnis milik perempuan, terpimpin dan responsif gender ke dalam rantai nilai sebagai kendaraan untuk memajukan tujuan ekonomi bisnis dan nilai sosial sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

New York--(ANTARA/Business Wire)- Women's Entrepreneurship Accelerator (WEA) hari ini mengumumkan publikasi Ringkasan Advokasi berjudul “Nilai strategis pengadaan: Mengapa pengadaan yang responsif gender masuk akal secara bisnis” yang menyajikan bukti kuat tentang manfaat memperkuat partisipasi perempuan dalam rantai pasok sektor swasta dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pembangunan berkelanjutan.

Logo Women's Entrepreneurship Accelerator

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/202205055005120/en/

Dikembangkan oleh UN Women dan didanai oleh Mary Kay Inc. untuk mendukung WEA, Ringkasan Advokasi ini menyoroti kemunduran kemajuan dalam mencapai kesetaraan gender sebagai akibat dari pandemi COVID-19, serta bagaimana meningkatnya tingkat ketidakamanan ekonomi, rantai pasokan interupsi dan guncangan iklim dan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya memiliki dampak yang tidak proporsional pada perempuan mengingat posisi mereka yang tidak setara dalam masyarakat.

Publikasi tersebut menggemakan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa ekonomi memiliki peluang yang lebih baik untuk tumbuh dan lebih tahan terhadap krisis jika perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama.1 Namun, tantangan besar tetap ada. Pengusaha perempuan terus menghadapi banyak kendala termasuk kurangnya akses permodalan baik di pasar domestik maupun internasional; lebih sedikit jaringan kewirausahaan dibandingkan dengan laki-laki; dan kebijakan yang menghambat partisipasi pasar tenaga kerja perempuan.2 Secara global, sementara satu dari tiga bisnis dimiliki oleh perempuan,3 perempuan hanya memenangkan sekitar satu persen dari pengeluaran global perusahaan besar.4 Undang-undang gender yang tidak setara juga menghambat peluang ekonomi perempuan. Misalnya, hampir 2,4 miliar perempuan usia kerja masih tidak menikmati hak ekonomi yang sama dengan laki-laki.5 Terlepas dari statistik ini, pengusaha perempuan tetap menjadi solusi bagi banyak tantangan yang dihadapi dunia saat ini dan bukti menunjukkan ada korelasi langsung antara peningkatan dalam kewirausahaan perempuan dan pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan masyarakat yang lebih inklusif dan tangguh.6

Data yang disajikan dalam Ringkasan Advokasi ini menguraikan bagaimana penerapan kebijakan dan praktik responsif gender (GRP) melalui proses pengadaan merupakan pengungkit strategis untuk mengurangi dampak hambatan struktural yang dihadapi perempuan dan pada saat yang sama meningkatkan bisnis dan memperkuat ekonomi. Ringkasan Advokasi tersebut memperingatkan bahwa gagal mengadopsi GRP adalah kesempatan yang sia-sia. Buktinya jelas. Mengurangi ketidaksetaraan gender baik untuk bisnis dan merupakan ekonomi yang cerdas.

“Pengadaan yang responsif gender memengaruhi profitabilitas perusahaan, mitigasi risiko, inovasi, dan keberlanjutan. Ketika pengusaha perempuan dikeluarkan dari jalur pengadaan, perusahaan berisiko meninggalkan sejumlah besar bakat, kreativitas, dan keahlian di atas meja. GRP adalah strategi bisnis yang unggul serta katalisator yang kuat untuk perubahan,” kata Chief Operating Officer Mary Kay, Inc. dan pencetus WEA, Deborah Gibbins.

Untuk menginformasikan Ringkasan Advokasi ini, UN Women melibatkan lebih dari 350 pemangku kepentingan pada tahun 2021, di mana lebih dari 150 perusahaan sektor swasta diwakili, dan memasukkan 7 studi kasus tentang perjalanan pengadaan perusahaan untuk menciptakan basis bukti mengapa bisnis harus mengadopsi pengadaan yang responsif gender. Keterlibatan pemangku kepentingan berupa wawancara, survei, dan komunitas praktik, yang memperoleh manfaat dari diseminasi di berbagai jaringan, termasuk keanggotaan dan jaringan UN Global Compact (UNGC).

Perusahaan melaporkan bahwa GRP mengarah ke:

• Peningkatan pendapatan dan pengurangan belanja pengadaan,
• Ketersediaan dan ketahanan pemasok yang lebih besar,
• Memperkuat reputasi merek,
• Lebih banyak inovasi dan kemampuan beradaptasi,
• Peningkatan penyampaian layanan karena kelincahan yang lebih besar, dan
• Memperkuat pasar melalui pembangunan ekonomi lokal dan pertumbuhan inklusif.

Seperti yang dicatat oleh Ringkasan Advokasi ini “pembangunan inklusif dan berkelanjutan adalah yang terpenting bagi bisnis yang ingin menstabilkan diri mereka sendiri dalam ekonomi yang bergejolak dan mendapat manfaat dari pertumbuhannya di masa depan. Melebarnya ketidaksetaraan gender merugikan semua perusahaan, termasuk pengusaha wanita yang vital bagi rantai pasokan yang kuat dan tangguh serta bisnis yang bergantung padanya.”

Mencerminkan peningkatan fokus pada isu-isu lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) oleh perusahaan, Ringkasan Advokasi ini mencatat bagaimana “implementasi GRP memungkinkan perusahaan untuk mempraktikkan dan melembagakan nilai-nilai LST dan yang penting berkontribusi pada pemberdayaan perempuan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penerapan prinsip-prinsip GRP, bisnis dapat membuat kemajuan menuju berbagai tujuan, termasuk kesetaraan gender (SDG 5) dan pengurangan ketidaksetaraan (SDG 10) selain konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (SDG 12), menghilangkan kemiskinan (SDG 1) dan pekerjaan yang layak. dan pertumbuhan ekonomi (SDG 8).

“Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan oleh perempuan saja, atau oleh bisnis sendiri, atau oleh pemerintah saja. Satu-satunya cara bagi kita untuk dapat benar-benar membuat kemajuan adalah jika semua – termasuk bisnis – bekerja sama menuju tujuan bersama,” ujar Asisten Sekretaris Jenderal dan Wakil Direktur Eksekutif UN Women, Anita Bhatia.

Melalui rilis laporan ini, WEA menyerukan kepada sektor swasta untuk mengadopsi strategi GRP dan mengintegrasikan perempuan ke dalam rantai nilai global sebagai kendaraan untuk memajukan SDGs. Hal ini masuk akal secara bisnis sementara pada saat yang sama memajukan pemberdayaan ekonomi perempuan yang menguntungkan ekonomi dan masyarakat pada umumnya.

Ringkasan Advokasi tersebut tersedia di sini.

Tentang Women’s Entrepreneurship Accelerator

Women's Entrepreneurship Accelerator (WEA) adalah kemitraan multi-stakeholder dalam kewirausahaan perempuan yang didirikan selama UNGA 74. Ini mengumpulkan enam badan PBB, International Labour Organization (ILO), International Trade Centre (ITC), International Telecommunication Union (ITU), United Nation Development Programme (UNDP), UN Global Compact (UNGC), UN Women dan Mary Kay Inc. untuk memberdayakan 5 juta pengusaha wanita pada tahun 2030.

Tujuan akhir dari inisiatif ini adalah untuk memaksimalkan dampak pengembangan kewirausahaan perempuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan menciptakan ekosistem yang memungkinkan bagi pengusaha perempuan di seluruh dunia. Accelerator mencontohkan kekuatan transformasional dari multi-kemitraan yang unik untuk memanfaatkan potensi pengusaha perempuan. Pelajari lebih lanjut di we-accelerate. Ikuti kami: Twitter (We_Accelerator), Instagram (@we_accelerator), Facebook (@womensentrepreneurshipaccelerator), LinkedIn (@womensentrepreneurshipaccelerator)

_________________________________________
1 Laporan Pembangunan Dunia. 2012: Kesetaraan Gender dan Pembangunan: https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/4391.
2 Komisi Eropa dan Ringkasan Kebijakan OECD tentang Kewirausahaan Perempuan. 2017: https://www.oecd.org/cfe/smes/Policy-Brief-on-Women-s-Entrepreneurship.pdf
3 Bank Dunia. 2020. Survei Perusahaan, Portal Data Gender Bank Dunia: https://www.worldbank.org/en/data/datatopics/gender
4 Vazquez, E.A. dan A.J. Sherman. 2013. Membeli untuk Dampak: Cara Membeli dari Perempuan dan Mengubah Dunia. Charleston, AS: Keuntungan
5 Grup Bank Dunia. 2022.. Perempuan, Bisnis dan Hukum 2022. Washington, DC: Bank Dunia
6 Fakta dan Angka Perempuan PBB: Pemberdayaan Ekonomi: https://www.unwomen.org/en/what-we-do/economic-empowerment/facts-and-figures

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20220505005120/en/

Kontak
Komunikasi Korporat Mary Kay Inc.
(+1) 972.687.5332 atau media@mkcorp.com

Sumber: Women’s Entrepreneurship Accelerator

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022