Kita sudah prediksi mungkin tanggal 10 ke atas. Peningkatan memang terjadi, kalau hari biasa itu dengan pakai jenis ATR itu 3 penerbangan sehari, sekarang pakai Boeing ini diumpamakan dengan ATR itu sudah 6-7 flight sehari, jadi peningkatannya luar b
Wamena (ANTARA) - Maskapai penerbangan penumpang yang beroperasi di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memprediksi lonjakan balik pemudik akan terjadi pada 10 Mei 2022 ke atas.

Manager Trigana Air Wamena Michael Biduri di Wamena, Jumat, mengatakan setelah adanya izin mudik dari pemerintah tahun ini, pesawat Boeing yang dioperasikan di Jayawijaya-Jayapura dan sebaliknya selalu penuh.

"Kita sudah prediksi mungkin tanggal 10 ke atas. Peningkatan memang terjadi, kalau hari biasa itu dengan pakai jenis ATR itu 3 penerbangan sehari, sekarang pakai Boeing ini diumpamakan dengan ATR itu sudah 6-7 flight sehari, jadi peningkatannya luar biasa," katanya.

Untuk memudahkan masyarakat mendapat tiket yang murah dan mencegah percaloan tiket, pihaknya membuka penjualan secara daring serta menjual di luar jaringan di Kantor Trigana.

"Sekarang kan kita jual Rp1.500.000. Tujuan penjualan secara online ini supaya kalau masyarakat menghindari harga tiket mahal, mereka bisa beli dari jauh-jauh hari. Dengan begitu mereka masih bisa dapat harga Rp700 ribu hingga Rp800 ribu," katanya.

Masyarakat Jayawijaya mendambakan maskapai ini terus mengoperasikan pesawat jenis Boeing yang sekarang digunakan atau tidak menggantinya lagi dengan jenis ATR yang memiliki kapasitas angkut lebih kecil.

"Itu memang keputusan dari manajemen pusat, tetapi dari manajemen Trigana Papua memang mengharapkan Boeing ini melayani masyarakat di pegunungan Papua," katanya.

Calon penumpang Trigana, Pastor Yohanes Mangguo mengapresiasi upaya maskapai memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan atau tiket, terutama saat arus mudik balik Idul Fitri.

"Saat situasi seperti arus mudik lebaran seperti ini, pasti sampai satu bulan ke depan akan banyak sekali pemudik yang balik setelah pergi merayakan lebaran, Idul fitri bersama sanak saudara, sehingga penjualan tiket online ini cara terbaik mengatasi macet dan kesulitan tiket," katanya.

Baca juga: Trigana operasikan boeing di Jayawijaya sambut Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Trigana Air buka rute baru Jayapura-Biak

 

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022