akan lebih terjamin keamanannya di dalam terminal
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat mengimbau kepada pemudik yang baru saja kembali usai merayakan Lebaran di kampung halaman agar turun di dalam terminal.

"Sebaiknya turunnya di dalam terminal, jangan di pinggir jalan, karena bisa membahayakan keselamatannya kalau di pinggir jalan, kalau di terminal kan ada ruang tunggu, petugas keamanan, toilet mushola dan lain sebagainya," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen kepada Antara, Jumat.

Revi juga menambahkan penumpang bus akan lebih terjamin keamanannya di dalam terminal karena  petugas keamanan selalu bersiaga yang senantiasa menjaga keamanan penumpang.

"Kalau di pinggir jalan, khawatir hujan dan ketemu orang tidak benar dan sebagainya, kalau di terminal kan petugas keamanan cukup lengkap. Kalau di terminal dia juga bisa bertanya dengan petugas jadi informasi yang didapat bisa lebih pasti," ujarnya.

Lebih lanjut Revi juga mengimbau kepada pemudik untuk tidak mudah percaya dengan orang tidak dikenal yang berpura-pura menawarkan bantuan karena dikhawatirkan akan menjadi modus kejahatan yang mengincar pemudik.

Meski demikian Revi mengatakan saat ini situasi Terminal Bus Kalideres dalam kondisi aman dan kondusif, serta tidak ada satu pun laporan kejahatan terhadap pemudik selama musim libur Lebaran tahun ini.

"Kalau sekarang belum ada laporan, kalau dulu pernah ada kecopetan, hipnotis, tapi kalau sekarang Alhamdulillah belum ada satu pun nih, karena petugas keamanan kan banyak nih," ujarnya.

Pemudik yang baru tiba juga diminta untuk selalu memeriksa kembali barang bawaannya agar tidak tertinggal dan tidak meninggalkan barang tanpa pengawasan.

Revi juga mengimbau kepada pemudik yang hendak kembali ke Jakarta untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatannya.

"Pastikan dia kembali dalam keadaan sehat, kalau kurang sehat ditunda dulu kembalinya," ujarnya.

Meski demikian Terminal Kalideres juga menyediakan fasilitas kesehatan yang terbuka bagi pemudik yang kondisinya kurang fit saat tiba di terminal.

"Terbuka untuk umum, kalau ada masyarakat yang sakit bisa diperiksa di situ," pungkasnya.
Baca juga: Puncak arus balik di Terminal Kalideres diperkirakan pada 7-8 Mei 2022
Baca juga: Pemudik diimbau hindari puncak arus balik di Terminal Kalideres
Baca juga: Pos pemeriksaan urine pengemudi bus disiagakan di Terminal Kalideres

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022