Pantura lancar, begitu juga di jalan tol. Meskipun ada peningkatan arus balik
Cirebon, Jabar (ANTARA) - Arus balik di jalan pantai utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat, terpantau mulai ramai baik di lajur yang mengarah ke Jakarta maupun ke Jawa Tengah, setelah diberlakukan satu arah di jalan tol.

"Arus balik mulai ramai dari pagi," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja di Cirebon, Jumat.

Baca juga: Petugas Terminal Kampung Rambutan siaga 24 jam antisipasi arus balik

Menurutnya setelah diberlakukan satu arah di jalur tol yang mengarah ke Jawa Tengah, mengakibatkan jalur pantura Cirebon dipadati oleh kendaraan, baik ke Jakarta maupun Jateng.

Meskipun demikian kendaraan masih bisa bergerak dan tidak ada kemacetan yang parah, petugas juga terus mengatur lalu lintas, agar kendaraan tidak berhenti.

Baca juga: Arus balik di Nagreg mulai padat H+3 Lebaran malam

Sementara Kasatlantas Polresta Cirebon Kompol Alan Haikel mengatakan pada H+3 Lebaran arus balik sudah terlihat sangat signifikan, meskipun masih bisa dikatakan lancar.

Apalagi saat ini jalan tol yang berada di wilayah hukumnya sudah diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah ke Jakarta.

"Pantura lancar, begitu juga di jalan tol. Meskipun ada peningkatan arus balik," katanya.

Baca juga: Pertamina jamin ketersediaan BBM pada arus balik Lebaran di Sumbagsel

Alan mengatakan untuk jalur pantura dari arah Jawa Tengah ke Jakarta didominasi oleh kendaraan roda dua, sedangkan arah sebaliknya didominasi kendaraan roda empat.

Hal tersebut karena, kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dialihkan ke jalur arteri pantura, setelah diberlakukan satu arah.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022