Puncak arus balik di jalur arteri prediksinya terjadi hari Sabtu hingga Minggu 8 Mei 2022.
Tangerang (ANTARA) - Situasi lalu lintas arus balik dari Pelabuhan Merak, Banten melalui jalur arteri Serang-Tangerang yang didominasi dengan kendaraan bermotor roda dua dan empat di wilayah ini masih terpantau ramai dan lancar pada H+3 Lebaran 2022.

Dari pantauan di lapangan, tepatnya di Jalan Raya Serang-Tangerang, Exit Toll Bitung, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, kondisi arus lalu lintas kendaraan baik dari arah Pelabuhan Merak menuju Jakarta serta sebaliknya, saat ini dalam kondisi normal tidak terjadi kepadatan yang signifikan.

"Untuk pantauan arus balik di jalur arteri tepatnya di Bitung, saat ini kondisinya ramai lancar. Semuanya kondusif," kata Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Dicky Sutarman saat dikonfirmasi di Tangerang, Jumat.

Ia menyampaikan, kepadatan lalu lintas saat ini cenderung didominasi oleh kendaraan arus balik Lebaran, baik itu roda dua maupun roda empat.

Meskipun demikian, situasi yang terjadi tersebut belum menimbulkan penumpukan atau kemacetan pada periode arus balik Lebaran 2022 saat ini.

"Untuk kendaraan yang melintas di jalur arteri saat ini imbang, baik dilalui roda dua dan empat," katanya pula.

Dia pun memprediksi bahwa terjadinya puncak arus balik Lebaran melalui jalur arteri wilayah Kabupaten Tangerang akan terjadi pada Sabtu (7/5) sampai Minggu (8/5).

"Puncak arus balik di jalur arteri prediksinya terjadi hari Sabtu hingga Minggu 8 Mei 2022," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Dicky, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan, Polda Metro Jaya akan mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan selama puncak arus balik Lebaran.

Selain itu, pihaknya juga telah mendirikan beberapa posko pantau dan pengamanan serta pelayanan bagi para pemudik di sejumlah titik.

"Untuk antisipasi penumpukan arus balik, Satlantas Tangsel mendirikan pos pantau di jalur keluar Tol Bitung untuk antisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan," kata dia lagi.
Baca juga: Situasi lalu lintas menuju Tol Merak-Tangerang terpantau padat
Baca juga: Wakapolri: Kepadatan di Tol Trans Sumatera dan Tangerang-Merak normal

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022