Jakarta (ANTARA) - Banyak pasar swalayan di Shanghai, yang terdampak parah oleh COVID-19, sudah mulai kembali beroperasi di saat kota tersebut mencatat penurunan dalam jumlah kasus harian.

Hingga Kamis (5/5), 1.193 gerai dari 12 jaringan pasar swalayan besar di Shanghai telah kembali beroperasi. Sebanyak 220 toko di antaranya telah kembali menjalankan bisnis luring, ujar Gu Jun, Direktur Komisi Perdagangan Kota Shanghai.

Sejumlah pasar swalayan kini memperbolehkan penduduk yang tinggal di "area-area pencegahan" berisiko rendah untuk berbelanja, kata Gu.

Sementara mereka yang tinggal di "area-area manajemen tertutup" dan "area-area kontrol restriktif" berisiko tinggi dapat memesan barang secara daring dan mengatur pengiriman, papar Gu.

Kota megapolitan itu akan memfasilitasi pelanjutan bisnis secara tertib di perusahaan-perusahaan komersial, termasuk pasar swalayan, asalkan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian COVID-19 dilakukan dengan baik, menurut pemberitahuan terbaru yang dirilis pemerintah kota tersebut.

Shanghai melaporkan 245 kasus penularan lokal terkonfirmasi COVID-19 dan 4.024 kasus tanpa gejala lokal pada Kamis (5/5).
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022