Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada Ahad (8/5).
 
"Diperkirakan puncak arus balik terjadi pada Ahad (8/5) besok, dengan jumlah penumpang mencapai 150.000 orang dan jumlah penerbangan mencapai 11.000 penerbangan, " ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang di Tangerang, Sabtu.

Dia menjelaskan peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta sudah mulai sejak Jumat (6/5).
 
"Untuk puncak arus balik, diperkirakan terdapat 1.700 penerbangan di 20 bandara yang dikelola AP II," tambah dia.

Pihaknya terus memantau dan melakukan siaga penuh selama puncak arus balik bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Pemudik padati Bandara Soekarno-Hatta pada H+4 Lebaran

Secara keseluruhan, lanjut dia, tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP) hingga Sabtu ini, mencapai 90,49 persen, sedangkan OTP keberangkatan 92,17 persen dan OTP kedatangan mencapai 87,72 persen.

Penerbangan yang mengalami keterlambatan sebanyak 43 penerbangan dan yang tepat waktu sebanyak 409 penerbangan.

Seorang pemudik dari Pangkal Pinang, Dian Saputri, mengatakan jumlah pemudik mulai memadati bandara, baik di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan.

"Sejak dari keberangkatan dari Bandara Tanjung Pandan sudah dipenuhi penumpang, sampai di Soekarno-Hatta juga penuh dengan penumpang, " kata Dian yang melanjutkan perjalanan ke Bandung tersebut.

Dia berharap, meski padat dengan penumpang, pihak bandara tetap dapat memberikan rasa aman pada penumpang yang baru pulang mudik dari kampung halaman tersebut.

Baca juga: Penumpang arus balik di bandara Belitung capai 6.022 orang
Baca juga: Bandara SMB II Palembang optimalkan posko siaga angkutan Lebaran
Baca juga: PT Angkasa Pura imbau pemudik lakukan perjalanan arus balik lebih awal

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022