Jambi (ANTARA News) - Minapolitan yang kini digalakkan pemerintah selain bertujuan untuk menambah pendapatan petani budidaya dan tambahan konsumsi masyarakat, juga meningkatkan pelestarian ikan lokal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Herman Rahim di Jambi, Minggu mengatakan, Danau Kerinci seluas 45 kilometer persegi kini menjadi pusat pengembangan ikan di perairan umum, terutama ikan lokal seperti ikan semah (Tor dourensis sp.).

Ia mengatakan, tiga kabupaten di Provinsi Jambi telah dijadikan minapolitan, yakni minapolitan budidaya, minapolitan tangkap dan minapolitan perairan umum.

"Khusus Kabupaten Kerinci yang berada di wilayah paling barat Provinsi Jambi menjadi mina politan perairan umum, sementara dua lainnya yakni Tanjung Jabung Barat menjadi mina politan tangkap, serta Kabupaten Muarojambi jadi mina politan budidaya," katanya.

Kabupaten Kerinci memiliki ikan khas atau ikan lokal yang tidak ada di provinsi lain, yakni ikan semah yang hidup di arus air deras dan danau.
(M037)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011