Damaskus (ANTARA News) - Menlu Suriah Walid Muallem, Sabtu, menuduh Liga Arab telah "menginternasionalkan" krisis Suriah yang sudah berlangsung delapan bulan.

Tuduhan itu dibuat dalam sepucuk surat yang dialamatkan ke Liga Arab saat para menteri dari kelompok itu bertemu di Kairo untuk menyusun sanksi terhadap Suriah guna menghukum rezim Presiden Bashar al-Assad karena menolak ultimatum untuk membolehkan masuk para pengawas.

Beberapa diplomat Arab pada Kamis mengatakan liga itu akan minta pada PBB untuk mengirim  pengawas ke Suriah.

"Yang kami pahami adalah Liga Arab  diam-diam  menginternasionalisasi situasi di Suriah dan campur tangan dalam urusan dalam negeri Suriah," kata Muallem dalam surat yang dikutip oleh kantor berita milik negara SANA.

Muallem mengatakan permintaan Liga Arab pada Sekjen PBB Ban Ki-moon adalah undangan "untuk campur tangan asing (di Suriah) , bukannya untuk menghindari hal itu".

Ia mengeluhkan kontradiksi dalam sikap Liga Arab , pada satu sisi mendukung "pembicaraan yang menghormati kedaulatan Suriah dan menghindari campur tangan asing, sementara di sisi lain meminta (bantuan pengawas) pada sekjen PBB".
(S008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011