Langkat, Sumut (ANTARA News) - Sebanyak 1.200 warga berzikir dan tablig akbar pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1433 Hijriah di Masjid Subulussalam Sawit Sebrang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Zikir merupakan kekuatan umat Islam dan karenanya tidak boleh diabaikan sebagai wujud keyakinan akan takdir Allah," kata Ustaz Haji Muhammad Syukur dalam tausiyahnya, Minggu, yang juga dihadiri Bupati Langkat Ngogesa Sitepu.

Untuk itu, menurut dia, kepada jemaah diingatkan tetap memelihara dan meningkatkan hubungan antara masyarakat dan pemerintah.

"Karena ukhuwah islamiah hanya mungkin menguat bila masing-masing pihak saling menutupi kelemahan dan memberikan dukungan terhadap saudaranya yang telah berbuat kebaikan," katanya.

Sementara itu, Bupati Langkat Haji Ngogesa Sitepu mengatakan bahwa perintatan Tahun Baru Hijriah merupakan momentum bagi umat Islam untuk merefleksikan terhadap setahun yang telah dilakukan dan rencana setahun ke depan yang akan diperbuat.

Sebagai seorang pedagang dalam hidup, kata dia,  juga diajarkan untuk pandai menghitung rugi dan laba.

"Kegiatan zikir merupakan salah satu upaya menuju kesuksesan hidup," kata Sitepu.

Dikatakannya, kesuksesan hidup adalah bagaimana seseorang mampu mengkaji diri untuk menghilangkan perilaku yang tidak baik dan mempertahankan serta meningkatkan yang sudah baik.

"Nilai hidup bukan ditentukan berapa banyak yang didapat, melainkan berapa banyak yang telah kita berikan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Langkat juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu, dan sumbangan kain sarung kepada seluruh jemaah zikir, sekaligus berharap agar masyarakat Langkat mendukung Azhari Nasution, dai muda, yang ikut berlomba di salah satu stasiun televisi swasta.
(ANT-218/M034)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011