Karena mayoritas pekerja sudah masuk kantor Senin besok, maka hari ini diprediksi puncaknya arus balik
Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Sebanyak 9.934 penumpang arus balik melintas di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Sabtu (7/5) atau H+4 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Ini jumlah penumpang tertinggi selama arus balik yang mulai terjadi sejak pada Kamis (5/5) atau H+2 Lebaran," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: Arus balik H+5 Lebaran di GT Kramasan diperkirakan ramai saat malam

Untuk kedatangan, ada 34 penerbangan mengangkut 5.362 penumpang, sedangkan keberangkatan sebanyak 4.572 penumpang dalam 35 penerbangan.

Lonjakan jumlah penumpang arus balik tersebut juga disikapi maskapai dengan ekstra "flight" atau penerbangan tambahan sebanyak delapan kali rute Banjarmasin ke Surabaya dan juga Jakarta atau sebaliknya.

Baca juga: Arus balik di jalan arteri Karawang macet parah

Zulfian menyebut prediksi puncak arus balik masih akan terjadi hingga Minggu hari ini. Namun untuk data penerbangannya baru bisa dirilis pada Senin (9/5).

"Karena mayoritas pekerja sudah masuk kantor Senin besok, maka hari ini diprediksi puncaknya arus balik," jelasnya.

Berdasarkan data Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Syamsudin Noor, total jumlah penumpang arus balik untuk kedatangan 13.554 orang dengan 91 penerbangan.

Baca juga: Tak ada kedatangan penumpang pada H+5 di Pelabuhan Tanjung Priok

Sedangkan penumpang yang berangkat sejak Kamis (5/5) sampai Sabtu (7/5), total 11.645 orang dalam 91 penerbangan.

"Posko Terpadu yang berisi petugas gabungan beroperasi sampai Selasa (10/5) sebagai bentuk pelayanan maksimal PT Angkasa Pura I mengawal arus balik sampai berakhirnya lonjakan penumpang," kata Zulfian.

Pewarta: Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022