Jenewa (ANTARA News) - Swiss akan menguji gagasan untuk membuat koridor kemanusiaan guna membantu warga sipil di Suriah, kata Presiden Micheline Calmy-Rey sebagaimana dikutip, Senin.

Usul Prancis pekan lalu untuk membuat rute guna melarikan diri yang dilindungi bagi warga sipil Suriah dari kerusuhan di negara mereka "merupakan gagasan yang menarik", kata Calmy-Rey pada klab pers di Jenewa.

"Situasi kemanusiaan memburuk. Kami akan menguji gagasan mengenai koridor kemanusiaan itu," katanya sebagaimaa dikutip oleh kantor berita ATS. "Jika proyek itu terwujud, jika proyek itu memiliki pengaruh positif, itu akan menjadi sesuatu yang bagus."

Para penyelidik yang ditunjuk oleh PBB mengatakan, Senin, bahwa pasukan keamanan Suriah telah menembak dan menganiaya demonstran anti-rezim berdasar perintah dari puncak rezim Bashar al-Assad.

Menurut perkiraan PBB, tindakan keras brutal terhadap demonstran anti-rezim telah menewaskan sedikitnya 3.500 orang sejak Maret lalu.

Kepala urusan kemanusiaan PBB Valerie Amos mengatakan pada Jumat lalu bahwa bantuan internasional dibutuhkan untuk memberi makan 1,5 juta orang di Suriah yang dilanda krisis, tapi koridor kemanusiaan belum dibenarkan.
(S008/H-AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011