Malang (ANTARA News) - PT Kereta Api Daerah Operasional VIII Surabaya, Jawa Timur, mengubah 65 jadwal perjalanan kereta di wilayah itu yang berlaku efektif mulai 1 Desember 2011.

Humas Daop VIII PT KA Sri Winarto, di Malang, Selasa, mengatakan, perubahan jadwal dilakukan untuk kepentingan keselamatan dan keamanan perjalanan KA.

Selain itu, menurut dia karena adanya penambahan dan pengurangan sejumlah perjalanan KA, sehingga perlu adanya perubahan untuk memudahkan pengaturan perjalanan KA.

Ia menjelaskan perubahan yang dilakukan meliputi perjalanan tiga KA Eksekutif, tiga KA Ekonomi jarak jauh serta 34 perjalanan KA lokal dan komuter, yang jadwalnya mundur sekitar 10 hingga 47 menit dari jadwal semula.

"Ada juga jadwal keberangkatannya yang maju antara 5 hingga 60 menit, terdiri atas empat KA Eksekutif, tiga KA Ekonomi jarak jauh serta 18 KA lokal dan komuter," katanya.

Dengan adanya perubahan jadwal, diharapkan mampu menekan keterlambatan kedatangan KA. Sebab, perubahan jadwal ini dilakukan dengan mengatur seluruh toleransi perjalanan KA, sekaligus menjawab kebutuhan penumpang atas pelayanan KA yang optimal.

Selain melakukan perubahan jadwal, sejumlah aturan baru juga diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan, diantaranya penumpang dibebaskan biaya peron dan hanya calon penumpang yang mengantongi tiket yang diizinkan masuk ke stasiun satu jam sebelum keberangkatan KA.

Selain itu, membatasi kapasitas angkut, dan mewajibkan seluruh penumpang kelas bisnis dan ekonomi jarak jauh mendapat tempat duduk.

"Kita juga membuka penjualan tiket online untuk KA Eksekutif dan bisnis yang bisa dipesan 40 hari sebelum keberangkatan di stasiun, kantor pos, agen perjalanan dan ajungan tunai mandiri (ATM), sedangkan untuk kelas ekonomi kami jual sepekan sebelum jadwal perjalanan," katanya.

Menanggapi perubahan jadwal KA, Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Ali Afandi menjelaskan, untuk jadwal KA dari Malang yang diubah diantaranya perjalanan KA Senja Utama jurusan Malang-Jakarta yang semula berangkat pukul 13.50 WIB menjadi lebih awal 13.25 WIB.

Kemudian KA Matarmaja jurusan Malang-Jakarta dari sebelumnya berangkat pukul 15.00 WIB maju menjadi pukul 14.50 WIB.

(ANT-162/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011