Jakarta (ANTARA News) - Bertempat di salah satu restoran di seputaran Menteng Jakarta, digelar acara Welcome Dinner yang dihadiri oleh 5 dari 10 negara yang sudah komit mengikuti International Robot Olympiad (IRO) 2011 yang akan berlangsung di Jakarta, 15 Desember 2011.

Siaran pers panitia IRO 2011 yang diterima ANTARA, Rabu, menyebutkan acara tersebut juga dihadiri oleh Dr. Ir. Ashwin Sasongko, M.Sc (Dirjen Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia) serta dihadiri Santoso Gondowidjojo Gd.M sebagai Founder and General Chairman of Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI).

Welcome Dinner ini mengawali rentetan acara lainnya yang berlangsung di kampus UNTAR Jakarta dan STKIP Surya Serpong Tangerang pada 26-28 September 2011.

Acara ini diselenggarakan untuk menjelaskan kepada masing-masing perwakilan Negara tentang mekanisme pendaftaran, kategori lomba, peraturan lomba, system penjurian dan detail teknis pelaksanaan lomba. Diharapkan dengan berlangsungnya acara ini, masing-masing Negara semakin dapat memahami dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan lomba pada bulan Desember mendatang.

Dengan mengusung tema, "Robot for Helping People from Natural Disaster" diharapkan muncul beberapa teknologi robot yang dapat digunakan untuk penanggulangan bencana alam yang saat ini sering terjadi di beberapa Negara, khususnya di Indonesia, kata Vice President of ROCI, Bapak Dr. Ir Riza Muhida, M.Eng disela pembahasan peraturan dan teknis lomba.

International Robot Olympiad 2011 kali ini menambahkan 2 kategori baru dari 12 kategori yang biasa dilombakan di tahun-tahun sebelumnya. Kategori tersebut yaitu Energy Saving Robot dan Robot Indonesiana. "Kategori Robot Indonesiana bertujuan sebagai bentuk promosi budaya Indonesia dikancah internasional," ujar Wahidin Wahab, M.Sc., Ph.D yang menjadi salah satu juri International Robot Olympiad 2011 ini.

Selain acara diskusi, para utusan dari 5 negara (Amerika, Thailand, Korea, Brunai dan Singapura) juga diajak keliling Kampus UNTAR (tempat akan berlangsungnya International Robot Olympiad 2011) untuk melihat kesiapan tempat lomba diantaranya Ruang Penjurian, Lounge untuk para eksekutif, area kompetisi, ballroom untuk acara pembukaan, tempat pendaftaran dan area pameran.

"Kami merasa terkesan setelah mengunjungi lokasi area lomba yang menurut kami sangat memadai sebagai tempat International Robot Olympiad 2011," demikian ungkap Randy Menzer dari Amerika.

ROCI yang ditunjuk sebagai panitia penyelenggara Olimpiade kali ini, berkomitmen akan memberikan pelayanan yang terbaik dan menjamin kegiatan lomba berlagsung dengan lancar. Untuk itu, panitia telah menyiapkan website official  guna memudahkan infrormasi berkaitan dengan International Robot Olympiad 2011.

Contact Media :
Fuad El Radhi
0812.19.111.737
FB Fan Page : International Robot Olympiad 2011-Indonesia
Follow : @IROIndonesia
www.iro2011.org/iro2011/.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011