Jakarta (ANTARA News) - ASUS Eee Pad Transformer Prime atau lebih singkatnya sebut saja Transformer Prime, mungkin bukan gadget yang paling ditunggu-tunggu atau mungkin bukan yang paling elegan dari namanya, tetapi inilah tablet pertama yang berprosesor quad-core built in.

Tablet ini mengusung sistem operasi Android 3.2 Honeycomb dan bisa ditingkatkan (upgrade) ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0).

Memiliki layar 10,1 inci, resolusi 1280 x 800, dan dilindungi dengan Gorilla Glass, RAM 1 GB, serta dilengkapi dua kamera--satu kamera 8 megapixel di belakang dan 1,2 megapixel di depan.

Baterainya yang terisi penuh mampu bertahan dalam 12 jam, dan harga tablet ini antara 500 hingga 600 dolar tergantung pada apakah anda ingin yang berkapasitas penyimpanan 32GB atau 64GB.

Kembali ke masalah prosesor, Tegra 3 quad-core CPU, sampai sekarang hanya tersedia pada desktop dan laptop high-end, dan hanya Transformer Prime, satu-satunya tablet yang menggunakannya saat ini.

Terlepas dari pengujian bahwa upgrade dari single core ke dual-core menghasilkan peningkatan kinerja lebih baik, yakni 50 persen, dibanding upgrade dual-core ke quad-core yang hanya meningkatkan 25 persen, tetapi era quad-core tetap layak untuk dirayakan.

Dengan quad-core, Transformer Prime akan jauh lebih baik untuk browsing web dan multi-tasking. Dan quad-core telah banyak dipuji dalam kemampuan rendering grafis dan untuk menjalankan game, kata laporan yang ditulis Technology Review.

Acer dan Lenovo merupakan dua diantara banyak produsen yang hendak meluncurkan tablet quad-core pada kuartal pertama 2012.

(S026)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011