sebagai bagian dari manajemen talenta nasional
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong siswa yang memiliki prestasi baik bidang akademik dan non akademik untuk mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju.

“Program beasiswa ini diberikan pada peserta didik berprestasi sebagai bagian dari manajemen talenta nasional, serta dalam menyiapkan SDM unggul dan berprestasi,” ujar Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, dalam acara peluncuran Beasiswa Indonesia Maju yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang program sarjana dan pascasarjana. Beasiswa tersebut juga mendukung pendidikan non gelar.

“Beasiswa ini merupakan kerja sama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini juga penghargaan sebagai upaya jaminan belajar siswa berprestasi untuk jenjang SMA/SMK sederajat yang berprestasi pada bidang sains, riset, seni, bahasa, maupun olahraga,” terang dia.

Baca juga: 18 Siswa SMA di Bali raih beasiswa Indonesia Maju
Baca juga: BI Bali berikan beasiswa pendidikan untuk 225 mahasiswa dan 20 siswa


Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan pembangunan sumber daya manusia merupakan kunci pembangunan nasional.

“Beasiswa Indonesia Maju ini juga mendukung karir belajar peserta didik yang berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri,” kata Suharti.

Suharti mengatakan bahwa pemberian beasiswa itu juga untuk mendukung bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia. Peningkatan produktivitas masyarakat juga dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Untuk memetik keberhasilan pada masa bonus demografi, maka kita perlu mempersiapkan SDM yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki karakter yang baik, bertanggung jawab, berani dan peduli pada kemanusiaan,” imbuh Suharti.

Baca juga: Kemendikbudristek buka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia
Baca juga: Mahasiswa se-Indonesia diundang raih Djarum Beasiswa Plus 2022-2023
Baca juga: Mendikbudristek ajak masyarakat gunakan Beasiswa Pendidikan Indonesia


 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022