Roma (ANTARA News) - Italia mengatakan, Kamis, mereka akan memanggil pulang duta besarnya untuk Iran "guna konsultasi" setelah kedutaan besar Inggris di Teheran diserang oleh para demonstran pekan ini.

Menteri Luar Negeri Giulio Terzi membuat pengumuman itu pada konferensi pers di Brussels yang dilaporkan oleh media Italia. Seorang pejabat kementerian luar negeri di Roma memastikan laporan itu, lapor AFP.

Duta besar Alberto Bradanini telah menempati jalabatannya itu sejak 2008.

Kementerian itu juga menasehati warga Italia di Teheran untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan kesiapsiagaan dalam gerakan mereka dengan menghindari pergi ke dekat masjid, prosesi keagamaan dan tipe lain majelis itu.

"Demonstrasi di Teheran dan kota-kota besar lainnya tidak dapat dikecualikan," katanya.

Terzi dan menteri luar negeri lain Uni Eropa sebelumnya pada Kamis telah menambah tekanan pada Iran karena program nuklirnya yang diperselisihkan, dengan menjatuhkan sanksi pada 180 perusahaan dan orang lagi serta mengancam sektor minyaknya yang sangat penting.

Ter mengatakan itu "isyarat bersama dan jelas" pada Iran.

Prancis, Jerman dan Belanda telah menarik duta besar mereka dari Iran setelah kedutaan besar Inggris di Teheran diserang, Kamis.

Italia juga telah memanggil kuasa usaha di kedutaan besar Iran di Roma.

Pemerintah Italia sebelumnya, Kamis, telah menyampaikan kecaman kerasnya pada "serangan hebat dan tak dapat ditoleransi" itu serta menekankan solidaritasnya pada pemerintah Inggris. (S008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011