Lhasa, China (ANTARA) - Tim peneliti China menjumpai berbagai satwa liar Tibet termasuk yang dilindungi seperti snowcock dan bharal di basecamp saat melakukan ekspedisi di kawasan puncak tertinggi dunia di Gunung Qomolangma. 

Bharal atau domba biru himalaya atau naur yang merupakan sejenis kambing liar asli yang sering ditemui di lembah-lembah di Tibet, Nepal, Bhutan, Pakistan yang bernama latin Pseudois nayaur. Sedangkan snowcock merupakan ayam salju himalaya yang memiliki nama latin Tetraogallus himalayensis.

Seperti dilansir Xinhua, Rabu, basecamp Gunung Qomolangma yang terletak di kawasan inti Cagar Alam Nasional Qomolangma yang memiliki luas area 10.312 kilometer persegi (km2). 

Cagar alam yang memiliki total luas sekitar 33.800 km2 tersebut memang menjadi rumah bagi salah satu ekosistem paling rentan di dunia. 

Tibet telah mencapai kemajuan besar dalam memperbaiki lingkungannya, dengan investasi mencapai total 81,4 miliar yuan (1 yuan setara dengan Rp2.165) di kawasan tersebut pada akhir 2020.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022