Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Ibu Ani Yudhoyono dan Ibu Herawati Boediono memimpin perayaan Hari Tanam Pohon Bersama dengan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Tanam pohon bersama adalah agenda tahunan Ani Yudhoyono bersama tujuh organisasi perempuan yaitu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB).

Untuk tahun 2011, Ani Yudhoyono akan menanam pohon kenari sedangkan Herawati Boediono akan menanam pohon melinjo. Setelah menanam pohon, Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono kemudian dijadwalkan untuk menebar benih ikan dan meninjau Mobil Pintar, Sehat, Kreatif, dan Hijau.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, GPTPP Tahun 2011 dilakukan untuk mendukung Gerakan Penanaman dan Pemeliharaan 1 Miliar Pohon.

Aksi para perempuan yang tergabung dalam tujuh organisasi perempuan Indonesia itu telah dimulai sejak tahun 2007. GPTPP tahun 2011 memiliki tema "Ruang Terbuka Hijau Bagi Penyerapan Air Di Perkotaan".

Turut menanam bersama Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono adalah sekitar 1.000 orang yang berasal dari beragam kalangan, yaitu tujuh organisasi perempuan, anggota TNI dan Polri, Atlet SEA Games , pemda dan anak sekolah.

GPTPP bertujuan untuk meningkatkan penyerapan air dengan perluasan ruang terbuka hijau perkotaan, mendorong ditingkatkannya hutan kota bagi paru-paru perkotaan, penyerapan air dan wisata masyarakat, peningkatan pertanian perkotaan bagi ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi keluarga, dan memelihara kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan sejak awal.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam GPTPP tahun 2011 antara lain penanaman pohon keras, penanaman pohon di bantaran sungai sambil mengkampanyekan kebersihan sungai, dan menyulam kembali pohon-pohon yang telah ditanam sejak 2007.

GPTPP pada 2007 melalui tema Perubahan Iklim, telah menanam hampir 15 juta pohon, dengan menekankan pada pemeliharaan dan penyulaman pohon yang mati, dengan acara Puncak di Perkemahan Pramuka Cibubur.

GPTPP pada 2008 dengan tema Ketahanan Pangan Keluarga, selain menanam dan memelihara hampir 8 juta pohon juga telah menebar dan memelihara hampir 42 juta benih ikan dalam acara Puncak di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Pantai Indah Kapuk.

Sedangkan GPTPP tahun 2009 dengan tema Konservasi Air telah menanam lebih dari 9.6 juta pohon dan menebar 161 juta benih ikan Acara Puncak di Citu Kabupaten Bogor.

GPTPP pada tahun 2010 mengambil tema Penyelamatan Hutan Pantai dan Peningkatan Kesejahteraan Nelayan dan telah berhasil menanam 33.4 juta pohon dengan fokus tanaman pasir, juga di daerah kritis dengan tanaman keras. (G003/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011