kehadiran pohon tersebut diharapkan dapat  memperindah akses jalan menuju kantor wali kota
Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Pertamanan dan Hutan (Tamhut) Kota Jakarta Timur menanam 23 pohon tabebuya pink di jalur hijau yang ada di median Jalan Soemarno, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat.
 
Penanaman pohon dilakukan persis di depan kantor Pengadilan Negeri Jakarta Timur karena di lokasi tersebut terlihat masih kurang hijau, meskipun sudah banyak ditanami berbagai tanaman hias.
 
"Kawasan ini menjadi salah satu akses jalan yang kerap dilintasi pejabat negara. Karena ini akses menuju perkantoran pemerintahan maupun militer. Makanya kita percantik dengan ditanami berbagai tanaman hias dan pohon rindang," kata Kepala Sudin Tamhut Jakarta Timur Djauhar Arifin di Jakarta, Jumat, dalam kegiatan rutin "Jumat Menanam".
 
Tak hanya itu kehadiran pohon tersebut diharapkan dapat  memperindah akses jalan menuju kantor wali kota, Kodim 0505/Jakarta Timur dan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) hingga Terminal Terpadu Pulogebang.
 
Dipilihnya tabebuya pink, kata dia, karena warna bunganya yang menarik untuk dipandang mata. Di area jalur hijau tersebut, selain ditanami pohon pelindung, sebelumnya sudah banyak tanaman hias.
 
Setiap hari dirawat oleh sekitar 12 satgas pertamanan yang merawat jalur hijau tersebut. Yakni mulai dari depan Pengadilan Negeri hingga jelang jembatan Tol Cacing atau depan Markas Kodim 0505. Di lokasi juga terdapat alat siram otomatis (sprinkler).

Sementara itu, Plt Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur, Randi Putra menambahkan, penanaman pohon ini untuk mendukung program Pemprov DKI memenuhi target menanam 2 juta pohon.
 
Tanaman tabebuya pink yang ditanam di jalur hijau Jalan Soemarmo itu berasal dari kebon bibit Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.
 
"Di sini juga akan dipasang ornamen representasi dari Bambu Apus yang merupakan ikon logo Jakarta Timur. Bahannya menggunakan galvanis dan akan diterangi dengan lampu taman," ucapnya.
Baca juga: Legislator minta Dinas Kehutanan DKI data pohon peneduh di tepi jalan
Baca juga: Panitia tanam seribu pohon di pura Jakarta dalam rangka Nyepi
Baca juga: Penanaman pohon di Embung Jagakarsa diharapkan mampu kurangi polusi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024