Mamuju (ANTARA) - Kodim 1402 Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, bersama masyarakat melaksanakan aksi penanaman pohon sebagai upaya mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi.

"Aksi penanaman pohon ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor sebab saat ini wilayah Kabupaten Polewali Mandar sudah memasuki musim hujan," kata Komandan Kodim 1402 Polewali Mandar Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, di Polewali Mandar, Jumat.

Aksi penanaman ratusan pohon yang juga melibatkan masyarakat itu, kata Sabar, dilaksanakan di Desa Landi Kanusuang, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar.

Baca juga: Kodim Agam tanam 50 ribu bibit pohon minimalkan dampak bencana

Dandim menyampaikan bahwa pada aksi penanaman pohon itu juga mengutamakan pohon yang bisa memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon jati dan pohon durian. Pohon yang ditanam mudah tumbuh karena curah hujan sudah mulai tinggi," kata Sabar.

Ia menyampaikan bahwa aksi penanaman pohon juga merupakan program penghijauan pada lahan yang mengalami kebakaran saat musim kemarau agar kembali hijau dan dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor.

"Kita bekerja sama dengan pemerintah desa maupun penyuluh pertanian untuk mendukung program penanaman pohon ini," ujar Sabar.

Baca juga: Kodim 1611/Badung tanam ratusan pohon menjaga kelestarian alam

Ia juga mengimbau masyarakat agar gemar menanam pohon untuk melestarikan alam.

"Mari gemar menanam pohon, terutama di tempat yang tandus maupun di perbukitan untuk mencegah bencana banjir dan longsor," kata dia.

Dandim juga mengajak masyarakat di Polewali Mandar agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana di tengah kondisi cuaca daerah itu yang sudah memasuki musim hujan.

Baca juga: Kodim 1620 Lombok Tengah bersama masyarakat tanam 120 bibit pohon

"Kita harus selalu siap dalam menghadapi bencana alam, karena bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Apalagi saat ini sudah musim hujan yang sangat berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir di wilayah Polewali Mandar," ujar Sabar.

Pewarta: Amirullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024