untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota baik sistem hidrologi dan sistem ekologis lain
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620/ Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat bersama Komunitas Budaya Bersih dan masyarakat Kelurahan Panjisari Kecamatan Praya menanam 120 bibit pohon di ruang terbuka hijau (RTH).

"Penanaman pohon palem, cemara, manggis dan nangka ini dilakukan sebagai salah satu tolak ukur implementasi konsep perkotaan yang berkelanjutan melalui penerapan prinsip ekonomi RTH," kata Dandim 1620 Lombok Tengah, Letkol.inf I Putu Tangkas Wiratawan di Praya, Senin.

Tangkas mengatakan peningkatan temperatur global di alam dan bencana ekologis yang mendera masyarakat semakin mendorong TNI mengembangkan RTH secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

"Hal ini adalah titik balik yang penting, karena penerapan prinsip ekonomi RTH diharapkan terbangun keseimbangan antara usaha meningkatkan kesejahteraan warga dengan perlindungan lingkungan ekosistem alam," katanya.

Tangkas menjelaskan Lombok Tengah sebagai daerah pariwisata super prioritas dengan kawasan wisata yang luas memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, terlebih dengan adanya ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Sekarang waktunya untuk mentransformasikan komitmen menjadi aksi guna menciptakan inovasi dan solusi cerdas, baik dalam mitigasi maupun adaptasi masa depan yang terbaik bagi generasi bangsa," katanya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat memproyeksikan kontribusi ekonomi RTH melalui pengolahan limbah atau sampah menjadi pupuk kompos dan pakan ternak, serta menjadikan RTH sebagai tempat wisata umum.

"Ini juga untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota baik sistem hidrologi dan sistem ekologis lain," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, keseimbangan ekosistem ini dapat meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat, ruang terbuka bagi aktivitas publik serta dapat meningkatkan nilai estetika kota.

"Kita tetap berkomitmen memberikan bantuan bibit pohon dan bekerja sama melakukan kegiatan positif demi kebaikan bersama," katanya.
Baca juga: Pemprov NTB melakukan gerakan penghijauan jelang WSBK
Baca juga: Kepala BNPB canangkan penghijauan di KEK Mandalika
Baca juga: Bulan Penanaman Pohon, NTB tanam 21 ribu pohon

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021