Kepala BNPB canangkan penghijauan di KEK Mandalika

Kepala BNPB canangkan penghijauan di KEK Mandalika

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo (kanan) bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Zulkieflimansyah (kiri) melakukan penghijauan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (13/11/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mandalika harus dipenuhi pohon untuk mengurangi risiko longsor dan banjir
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah melakukan penghijauan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Jumat.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan sangat terkesan dengan kawasan Mandalika yang begitu indah. Ia sangat yakin dengan potensi yang dimiliki oleh NTB akan mampu menjadi magnet yang dikenal oleh dunia.

"Karena Mandalika adalah kawasan prioritas nasional dan ini tentunya tidak kalah dengan daerah lain," ujarnya.

Doni mengatakan, pihaknya akan menyumbangkan sejumlah tanaman bunga seperti bougenvil dan flamboyan untuk memperindah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. "Dalam lima tahun ke depan, kawasan Mandalika harus dipenuhi bunga dan pohon untuk mengurangi risiko longsor dan banjir."

Baca juga: 2.800 pohon ditanam di KEK Mandalika

Baca juga: NTB siapkan desa tangguh bencana di lingkar KEK Mandalika


"Saya yakin orang semakin banyak datang ke Lombok karena menikmati keindahan alamnya," katanya.

Gubernur mengatakan kedatangan Kepala BNPB ke NTB selalu konsen terhadap penghijauan. Untuk itu ia mengharapkan dengan adanya penghijauan di Mandalika menjadi langkah awal untuk mendukung perhelatan MotoGP tahun depan.

"Jadi nanti kita ajak anak-anak SMA/SMK untuk menghijaukan area ini. Saya kira anak-anak SMA/SMK akan senang sekali untuk hadir di sini," ujar Zulkieflimansyah.

Aksi penanaman pohon ini juga dilakukan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah bersama dengan Kapolda NTB Irjen Polisi M Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani, Asisten I dan II Setda NTB, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov serta jajaran PT ITDC.

Baca juga: Pusat-provinsi dukung pengembangan desa super prioritas KEK Mandalika

Baca juga: Menko PMK dorong pemulihan pariwisata NTB ikuti protokol kesehatan

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kepala BNPB menemui pengungsi Merapi di Balerante Klaten

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar