Total RTH yang sudah kita penuhi saat ini mencapai 3,1 persen dari komitmen 38 hektare
Banjarmasin (ANTARA) -
Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Ibnu Sina menyampaikan bahwa pemerintahannya berupaya untuk terus menghijaukan wilayah kota, di antaranya dengan menambah tiga ruang terbuka hijau (RTH) baru pada tahun ini.
 
Ibnu Sina didampingi istri Hj Siti Wasilah meresmikan RTH salah satunya, yakni RTH Kemiri, di Jalan Sungai Andai, Komplek VII, Banjarmasin Utara, Kamis.
 
Selain RTH Kemiri, H Ibnu Sina juga meresmikan RTH Taman Patih Masih yang berada di bawah Jembatan HKSN Banjarmasin Barat dan RTH Taman Jahri Saleh di Banjarmasin Utara sekaligus menyerahkan secara simbolis kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah.
 
Ibnu Sina menyampaikan bahwa RTH yang terletak di Sungai Andai tersebut merupakan serangkaian upaya Pemkot untuk menyediakan ruang publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat.
 
"Taman Kemiri merupakan salah satu dari serangkaian upaya kami dalam menghadirkan ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk interaksi, rekreasi dan edukasi. Kami berharap taman ini dapat menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat Banjarmasin," ucapnya.

Baca juga: Banjarmasin buat kebun pelestarian tanaman khas

Baca juga: Pemprov DKI bangun sepuluh taman di tiga wilayah selama 2024
 
"Taman ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, dengan keberadaan berbagai jenis tanaman yang perlu dilestarikan, termasuk pohon emas intan yang merupakan tanaman khas yang ada di daerah Kampung Biuku," tambahnya.
 
Menurut dia, taman Kemiri tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi komitmen Pemerintah Kota Banjarmasin dalam pengembangan ruang terbuka hijau.
 
"Total RTH yang sudah kita penuhi saat ini mencapai 3,1 persen dari komitmen 38 hektare," terangnya.

Oleh karena itu, dia juga menyoroti pentingnya pengawasan dan peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keamanan taman.
 
"Kami akan memasang CCTV sebagai upaya pengawasan, namun yang paling penting adalah partisipasi dan pengawasan dari masyarakat itu sendiri," ujarnya.
 
Dengan adanya Taman Kemiri dan taman lainnya tersebut, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas di darat, serta memberikan alternatif rekreasi yang menyehatkan bagi masyarakat Banjarmasin.

Pada peresmian tiga RTH tersebut hadir pula Sekdakot Banjarmasin Ikhsan Budiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love, para camat dan masyarakat setempat.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat meresmikan langsung Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kemiri di Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kamis (15/2/2024). ANTARA/Sukarli

Pewarta: Sukarli
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024