merupakan kompensasi dari pembangunan yang mengharuskan menebang pohon
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota  Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan penanaman pohon bungur  di Jalan Bungur Raya RW 03, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan rutin setiap hari Jumat itu bertujuan untuk menghijaukan dan memperbaiki kualitas udara khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

“Total ada 15 pohon bungur (lagerstroemia speciosa) yang kita tanam disesuaikan dengan nama jalan," kata Dhany di Jakarta, Jumat.

Menurut Dhany dengan adanya gerakan tanam pohon diharapkan dapat memproduksi  oksigen yang bagus sehingga kawasan menjadi lebih teduh, indah, dan nyaman.

"Dampak penanaman pohon ini secara kesehatan sangat bagus karena dapat menghasilkan oksigen dengan kapasitas yang besar juga nantinya dapat dinikmati oleh warga Jakarta kemudian secara estetika menjadi lebih teduh indah, dan nyaman," jelas Dhany.

Penanaman pohon, lanjutnya, akan dilakukan sebanyak mungkin sepanjang masih ada ruang tanah yang coklat agar Jakarta khususnya Jakarta Pusat menjadi lebih hijau.

Sementara itu, Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menerangkan pohon-pohon yang ditanami merupakan kompensasi dari pembangunan yang mengharuskan menebang pohon.

"Pohon-pohon ini asalnya dari kompensasi hasil dari pembangunan yang mengharuskan untuk menebang pohon, mereka harus menggantikan tiap satu pohon yang ditebang digantikan dengan 10 pohon, diameternya minimal 20 cm sesuai dengan jenis yang telah ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta," kata Mila.

Untuk bibit, Mila menambahkan, ada ribuan yang tersimpan di dinas dan telah disebar di lima wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu.

"Kalau bibit banyak ya, hasil dari kompensasi itu di dinas ada ribuan, disebar di lima wilayah bahkan Kepulauan Seribu mintanya ke kita, masyarakat pun kalau memang ada lahan yang kosong bisa bermohon ke dinas untuk dilakukan penanaman pohon," terang Mila.

Terakhir, Mila mengatakan untuk penanaman pohon tergantung ketersediaan lokasinya juga jarak tanam. Tidak bisa berdekatan seperti di Bungur. Penanaman dilakukan sekitar empat hingga lima meter karena pohon memiliki rentang kayunya, supaya tidak bersinggungan jika terjadi angin kencang.
Baca juga: Heru bersama Kadin DKI tanam pohon dan tebar benih ikan di Jagakarsa
Baca juga: DKI dan PLN tanam 2.324 pohon di sisi Kali Mookervart
Baca juga: PT JIEP sumbang 200 pohon dalam gerakan tanam pohon


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024