Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertekad agar ada "demam" olahraga nasional di Indonesia demi menyukseskan Desain Besar Olahraga Nasional.

"Jadi kita memang pertama akan membangun semangat atau 'demam' olahraga nasional. Kita akan 'demamkan' olahraga," kata Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Wapres menyampaikan hal tersebut seusai memimpin Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Kemudian akan menjadi program wajib di daerah, provinsi maupun kota dan ini supaya kita terus berkembang," katanya.

Rancangan DBON, menurut Wapres, akan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 9 September 2021.

"Kita ingin membangun olahraga prestasi kita supaya kita memiliki olahraga yang berprestasi di tingkat dunia," ucap Wapres.

Menurut Wapres, talenta-talenta yang dimiliki Indonesia juga tidak jelek, tetapi perlu ada upaya pembinaan lebih baik.

"Sehingga di Desain Besar Olahraga Nasional itu akan baik yang menyangkut masalah anggaran, baik yang menyangkut anggaran spesifik maupun supporting dari berbagai pihak, yaitu dari APBN, APBD, dari swasta maupun BUMN, ini menjadi kelihatannya bukan menjadi masalah besar yang dihadapi. Begitu juga nanti tentang masalah kompetisi," ujarnya.

Wapres pun menyebut DBON bertujuan untuk membangun upaya melahirkan atlet yang berprestas.

"Ini nampaknya menjadi krusial betul yang menjadi sport center dan budaya olahraga. Ini yang akan kita bangun dan itu saya kira yang sedang kita siapkan," ucap dia.

Berdasarkan Perpres No 86 Tahun 2021, Wapres Ma'ruf Amin menjadi Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

DBON menjadi rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi dan industri olahraga.

DBON sendiri meliputi olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan industri olahraga.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022