Sumbawa Barat, NTB (ANTARA News)- Mantan senior manager PT Newmont Nusa Tenggara, Malik Salim, mulai dimunculkan untuk kembali menduduki jabatan presiden direktur perusahaan itu, menggantikan Martiono Hadianto karena dinilai profesional dan tidak datang dari latar belakang politisi.

Anggota DPRD Sumbawa Barat, Yusuf Amaula, di Taliwang, Minggu, mengemukakan, Salim sosok independen dan tidak memiliki resistensi dari pihak mana saja juga tidak bersentuhan dengan kepentingan politik.

"Saya rasa perusahaan butuh orang profesional. Salim mantan senior manager eksternal ini memiliki jam terbang yang baik serta orang lokal pertama yang menduduki jabatan strategis dan ikut membangun Newmont," kata Amaula.

Tokoh politik dari daerah pemilihan daerah pemilihan ini menganggap Malik masih dibutuhkan dan tidak memiliki konflik kepentingan apapun. Manurut Yusuf Amaula, tokoh ini bekerja mandiri dan professional dan layak dipercaya oleh otoritas pemegang saham Newmont, yang kini justru mewakili kepentingan berbeda.

Sebagai anggota DPRD, ia memahami, harapan masyarakat Sumbawa untuk mendudukan putra terbaiknya di level managemen tertinggi tidak lain agar kepentingan lokal bisa lebih diprioritaskan.

"Itu yang mebedakan Salim dengan tokoh lain. Maka itu saya menyarankan sebaiknya, pemegang saham Newmont mempertimbangkan tokoh lokal yang lebih independen, dikenal dan mampu merangkul semua pihak, termasuk melakukan pendekatan budaya tadi," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011