Jakarta (ANTARA News) -  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggandeng Fujitsu untuk membangun infrastruktur komputasi awan yang dapat dikonfigurasikan melalui data center dan Knowledge Management System.

"BPPT adalah instansi pemerintah pertama yang mengadopsi solusi komputasi awan Fujitsu Cloud di Indonesia," kata Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad S Sofwan ketika menggelar media gathering di Yogyakarta pada Jumat (2/11).

BPPT mengadopsi model private cloud  untuk Balai Jaringan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKnet) dan Pusat Data Informasi di BPPT. Proyek itu diperkirakan selesai dalam dua bulan dan akan rampung pada Januari 2012, tapi infrastruktur awan BPPT ini sudah beroperasi hingga 80% pada saat peresmiannya pada Desember.

Platform Fujitsu yang digunakan BPPT antara lain terdiri server PRIMERGY dan sistem storage ETERNUS yang didukung oleh ServerView Resource Orchestrator V3 (ROR V3). Fujitsu juga merancang sistem arsitektur dan implementasi yang merupakan bagian dari Fujitsu Cloud Professional Services.

Pengadopsian itu diharapkan dapat mempercepat penerapan e-government di Indonesia secara lebih efisien, sehingga para pemerintah kota/kabupaten di seluruh Indonesia dapat meningkatkan layanan publik lebih cepat dan lebih baik dengan memangkas jalur birokrasi. 

(Adm)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011