Jambi,  (ANTARA News) - Tiga orang tewas dan dua lainnya dalam kondisi kritis pada hari Rabu karena diduga keracunan durian campur  minuman keras (Miras) di Kabupaten Bungo, 310 km dari Kota Jambi.

Kapolres AKBP Yasir, Kamis mengatakan, lima korban yang tewas itu yakni Ijul (30), Wanda (28) dan Aji (25), sementara yang kritis yakni Suhardi (50) dan Edi (45).

"Kelima korban itu semuanya masih terikat hubungan keluarga  yakni ayah, anak, menantu dan kemenakan," katanya.

Kejadian itu bermula ketika lima korban yang merupakan pekerja bangunan itu membeli buah durian saat istirahat siang Selasa (27/1). Para korban sedang membangun timbangan batu bara PT. WBS di Kampung Sijau, Dusun Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah.

Mereka  menikmati buah durian dengan dicampur Miras dan akhirnya tidak sadarkan diri.

Korban ditemukan salah seorang staf PT WBS yang ingin melihat hasil pekerjaan warga asal Sumatera Utara itu pada Rabu pagi sekitar pukul 07:00 WIB.

Saat ditemukan tiga korban sudah tidak bernyawa, dan dua lainnya kritis, dengan mulut mengeluarkan busa, yang selanjutnya dilarikan ke RSUD Muarabungo.

Didikat lokasi kejadian, ditemukan kulit durian serta botol Miras  yang kini diamankan sebagai barang bukti .

"Hingga Kamis  dua korban yang kritis belum sadarkan diri, sementara tiga yang meninggal dunia akan diotopsi untuk diketahui penyebab kematiannnya," kata Yarir.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009