Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF), Senin waktu setempat, menyetujui kucuran pinjaman 2,2 miliar euro (3,96 miliar dolar AS) untuk Yunani di bawah kerangka kerja sama IMF-Uni Eropa dalam program penyelamatan negara itu.

Dana yang akan segera dikucurkan ke Athena, merupakan bagian dari program dana angsuran baru senilai 8,0 miliar euro, kucuran yang dikondisikan dengan mengikuti rencana penghematan yang ketat dari Athena, lapor AFP.

Pekan lalu, para menteri keuangan Uni Eropa mengatakan mereka juga akan memberikan pinjaman berupa saham EU senilai 5,8 miliar euro dari seri obligasi yang diterbitkan untuk dijual di luar negeri, yang telah dilakukan kembali sejak Agustus karena keterlambatan Athena dalam mengimplementasikan reformasi.

Pada November, pemerintah Yunani yang baru dibentuk di bawah Perdana Menteri Lucas Papademos, mantan wakil kepala Bank Sentral Eropa, dalam upaya bersama untuk menyelamatkan keuangan negara dan menyelamatkan negara dari kebangkrutan menjulang.

Persetujuan pinjaman IMF datang setelah dewan eksekutif, Senin, menyelesaikan kajian mengenai kinerja ekonomi Yunani dengan pinjaman dana talangan IMF-EU senilai 110 miliar euro yang ditetapkan tahun lalu.

IMF memberikan kontribusi senilai 30 miliar euro untuk itu dana talangan itu. (A027/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011