Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar membuka pameran industri rumahan "Katumbiri Expo 2011" yang berlangsung pada 7 hingga 11 Desember di Balai Sidang Jakarta.

"Sebagian dari pameran industri rumahan yang ada di Katumbiri Expo dikelola oleh kaum perempuan," kata Linda di Balai Sidang Jakarta, Rabu.

Linda menjelaskan, pemerintah dan pihak terkait terus menggiatkan ragam kegiatan untuk meningkatkan kualitas serta peran perempuan di bidang ekonomi khususnya industri ekonomi kreatif.

Katumbiri Expo ini menampilkan berbagai produk kreatif, berkualitas dan bernilai yang dikerjakan perempuan dan laki-laki berbagai daerah, katanya.

Tujuan acara ini adalah mewujudkan peran perempuan dalam kesetaraan di bidang industri kecil menengah dan usaha kecil menengah.

"Pemasaran produk ini merupakan satu langkah besar bagi kaum perempuan Indonesia karena proses pemasaran acapkali berbenturan dengan stigma ketimpangan gender yang berujung pada keterbatasan akses," katanya.

Katumbiri adalah kata dalam bahasa Sunda yang artinya pelangi. Ini melambangkan keanekaragaman serta keindahan produk budaya Indonesia yang diolah dengan kearifan lokal sehingga menghasilkan produk berbasis budaya dan mempunya nilai ekonomi tinggi.(*)

W004/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011