Jakarta (ANTARA News) - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mengatakan bahwa seluruh kader PAN di daerah mendesak agar ketua umum partainya, Hatta Rajasa, bersedia diusung sebagai calon presiden (capres) pada 2014.

"Pada Rakernas PAN, desakan tersebut akan dibahas dan dipertegas," kata Zulkifli, yang juga Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, aspirasi dan desakan agar Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa, diusung menjadi capres pada pemilihan umum (pemilu) presiden 2014 sudah sering disampikan oleh kader PAN di daerah kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Oleh karena itu, kata dia, melalui momentum silaturrahmi nasional (Silatnas) dan rapat kerja nasional (Rakernas) PAN yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 10-11 Desember 2011 membuat aspirasi dan desakan tersebut bakal dibahas dan dipertegas.

"Para kader PAN di daerah meminta ketegasan dan kesediaan Pak Hatta Rajasa untuk bersedia diusung sebagai calon presiden," katanya.

Ia mengemukakan, Silatnas dan Rakernas PAN tersebut baru pertama kali diselenggarakan oleh DPP PAN periode 2010-2015.

Dalam acara tersebut, ia mengemukakan, banyak agenda yang akan dibahas, antara lain penajaman program-program PAN yang menjadi keputusan kongres pada 2009.

"Penajaman program-program tersebut terutama program tri-sukses, yakni sukses pemilukada, sukses pemilu legislatif, dan sukses pemilu presiden," katanya.

Ia menjelaskan, pada program pemilukada bisa mengantarkan sebanyak mungkin kader PAN menjadi kepala daerah.

Pada program pemilu legislatif 2014, kata dia, DPP PAN menargetkan bisa memperoleh suara dua digit atau minimal 10 persen, sedangkan pada pemilu presiden 2014 diharapkan calon presiden dari PAN bisa memenangkannya.

Agenda lainnya yang akan dibahas pada Silatnas dan Rakernas PAN, menurut dia, PAN sebagai mitra koalisi akan membahas penajaman program partai, terutama program-program pro-rakyat.

"Program pro-rakyat di bidang kehutanan seperti hutan rakyat dan penanaman satu miliar pohon," katanya.

Menteri-menteri dari PAN mengharapkan agar sukses pemerintah juga merupakan sukses PAN, katanya menambahkan.
(T.R024)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011