Karawang (ANTARA News) - Tuan rumah Pelita Jaya berhasil membungkam Persiram Raja Ampat dengan skor 2-1 saat pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia 2011/2012 di Stadion Singaperbangsa Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu malam.

Dua gol tuan rumah tercipta melalui Safee Salli pada menit ke-45 dan Joko Sasongko pada menit ke-59. Sedangkan gol tunggal Persiram diciptakan Nehemia Salossa pada menit ke-89.

Sejak menit-menit pertama, skuad Pelita Jaya melakukan penekanan. Peluang diraih Pelita Jaya ketika Safee memberi umpan cantik kepada Joko Sasongko di sekitar barisan belakang Persiram. Tetapi sayang, sundulan Joko kurang tepat dan melambung ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-15, Persiram justru kejutan. Umpan panjang Benson dari tengah lapangan mengarah ke Tomoyuki Sakai yang berdiri tanpa pengawalan barisan belakang Pelita Jaya. Tetapi upaya Sakai untuk melesakkan bola ke arah gawang urung terjadi setelah mendapatkan hadangan tim tuan rumah.

Selang satu menit kemudian, tepatnya pada menit ke-16, Greg Nwkololo yang mendapatkan kesempatan melesakkan bola ke gawang Persiram masih jauh ke atas mistar gawang.

Meski bermain dalam keadaan lapangan becek setelah diguyur hujan pada Rabu sore, anak asuh Djajang Nurjaman tampil ngotot.

Berbagai serangan digencarkan Safee dan kawan-kawan pada babak pertama itu. Tetapi, serangan demi serangan tersebut hanya berbuah peluang.

Beberapa kali terjadi kemelut di depan gawang Persiram pun tak mampu dieksekusi hingga membuahkan gol oleh para pemain tim tuan rumah.

Baru pada menit ke-45, sang kapten Pelita Jaya, Safee, mampu menjebol gawang Persiram yang dikawal Herman Batak.

Menjelang waktu tambahan itu, tandukkan Safee akhirnya berbuah gol, setelah mendapat umpan yang dilepaskan Egi Melgiansyah. Keunggulan Pelita Jaya atas Persiram 1-0 itu bertahan hingga turun minum.

Memaski babak kedua, skuad Pelita Jaya tidak melemahkan serangan. Bahkan tim tuan rumah lebih menampilkan permainan lepas sejak babak kedua dimulai.

Aksi Greg dan Safee yang disaksikan ribuan suporternya sejak dimulainya babak kedua cukup memukau dan seringkali merepotkan barisan belakang Persiram Raja Ampat.

Hasilnya, pada menit ke-59 Joko Sasongko sukses menambah keunggulan tuan rumah setelah memanfaatkan umpan tarik Greg Nwakolo.

Pada menit ke-68, tim tuan rumah nyaris menambah keunggulannya atas Persiram melalui Greg. Tetapi sayang, pemain bernomor punggung 7 yang berhasil menerobos barisan pertahanan Persiram itu tak mampu menggetarkan jaring gawang Persiram.

Tertinggal dua gol dan mendapat tekanan bertubi-tubi dari tim tuan rumah, skuad Persiram tidak patah arang. Permainan cepat khas Persiram pun akhirnya membawa hasil setelah Nehemia Salossa menjebol gawang Pelita Jaya yang dikawal Sahar Ginanjar pada menit ke-89.

Gol Nehemia itu ternyata menjadi penutup gol, karena hingga pertandingan berakhir, Pelita Jaya tetap unggul dengan skor 2-1. Dengan kemenangan itu, Pelita Jaya berhasil meraih target tiga poin saat menjamu Persiram.
(KR-MAK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011