Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (14/5) mulai dari bisnis e-commerce harus diproteksi dari praktik-praktik merugikan UMKM hingga tata kelola perdagangan minyak goreng harus diperbaiki.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Proteksi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bisnis e-commerce harus diproteksi dari praktik-praktik yang dapat merugikan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

"Konglomerasi hingga penguasaan usaha besar atas sektor bisnis e-commerce di Indonesia harus dicegah dan diminimalisasi untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM tumbuh dalam bisnis berbasis digital tersebut," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Sertifikat energi terbarukan

PT PLN (Persero) menerbitkan sertifikat energi terbarukan sebanyak 404 unit atau setara 404 megawatt jam kepada perusahaan pusat data PT Ekagrata Data Gemilang di Kuningan, Jakarta.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan mengatakan penerbitan sertifikat itu menandai semakin banyak pelanggan PLN yang peduli terhadap penggunaan energi terbarukan.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kerja sama pelaku usaha RI-India

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mempererat hubungan dagang Indonesia-India dengan menghadiri pertemuan dengan pelaku usaha India di Indonesia yang digelar di Hotel The Langham, Jakarta.

"Pertemuan ini sejalan dengan target pemimpin kedua negara untuk meningkatkan nilai perdagangan Indonesia-India menjadi 50 miliar dolar AS pada 2025. Diharapkan kedua negara dapat menjalani pemulihan ekonomi dan menjadi lebih kuat," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Indikator kesuksesan angkutan Lebaran

Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan Posko Angkutan Lebaran 2022 fokus pada tiga indikator guna memastikan kelancaran angkutan selama masa Idul Fitri tersebut.

"Posko fokus evaluasi tiga indikator yaitu ketersediaan kapasitas (capacity), ketepatan waktu operasional (punctuality) dan standar pelayanan (service ability)," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Tata kelola perdagangan minyak goreng

Ketua Alumni Institut Pertanian Stiper (Kainstiper) Yogyakarta Priyanto PS mengatakan pemerintah perlu memperbaiki tata kelola perdagangan minyak goreng nasional agar tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri tapi juga dunia.

"Pemerintah Indonesia harus memperbaiki tata kelola perdagangan minyak goreng nasional, dimana jejaring logistik pasar yang dibutuhkan masyarakat, harus diperbaiki dan dikelola menjadi lebih baik,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022