Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti ekonomi Indonesia kuartal I 2022 tumbuh 5,01 persen hingga beberapa indikator kesuksesan angkutan Lebaran 2022.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat mulai 9 sampai 15 Mei 2022:

1. Ekonomi RI tumbuh 5,01 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan I 2022 tumbuh tinggi 5,01 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy) karena pulihnya aktivitas ekonomi masyarakat.

"Pertumbuhan signifikan ini juga karena ada low base effect pada triwulan I 2021 yang kita ketahui ekonomi Indonesia terkontraksi 0,7 persen saat itu," ungkap Kepala BPS Margo Yuwono.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Inflasi April capai 0,95 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 0,95 persen pada April 2022 atau adanya kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dari 108,95 pada Maret menjadi 109,98.

“Inflasi pada April ini cukup tinggi yaitu sebesar 0,95 persen (mtm) dan semua kota terjadi inflasi," kata Kepala BPS Margo Yuwono.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Stabilitas stok serta harga jagung dan kedelai

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pihaknya akan berupaya menstabilkan stok serta harga jagung dan kedelai seperti beras melalui mekanisme cadangan pangan seperti yang sudah dilakukan pada cadangan beras pemerintah (CBP) saat ini.

Budi Waseso mengatakan Bulog telah membuktikan menjaga kestabilan stok dan harga beras dengan tidak melakukan impor beras selama tiga tahun berturut-turut dan saat ini berjalan empat tahun.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Stok pupuk 1,4 juta ton

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyebut stok pupuk nasional saat ini mencapai 1,4 juta ton atau setara 137 persen dari ketentuan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga selalu menjamin ketersediaannya.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengatakan, Pupuk Indonesia selalu berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pupuk petani, salah satunya dengan menambah kapasitas produksi.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Indikator kesuksesan angkutan Lebaran

Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan Posko Angkutan Lebaran 2022 fokus pada tiga indikator guna memastikan kelancaran angkutan selama masa Idul Fitri tersebut.

"Posko fokus evaluasi tiga indikator yaitu ketersediaan kapasitas (capacity), ketepatan waktu operasional (punctuality) dan standar pelayanan (service ability)," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022