Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin juga telah menjalin kerja sama dengan BI tentang Pengembangan IKM dan/atau UMKM di Sektor Industri
Jakarta (ANTARA) - Direktur Industri Aneka dan Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kementerian Perindustrian Ni Nyoman Ambareny menyampaikan pihaknya mendukung penuh gelaran Pekan Karya Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) pada 27 Mei 2022.

"Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin juga telah menjalin kerja sama dengan BI tentang Pengembangan IKM dan/atau UMKM di Sektor Industri," kata Ambar secara virtual di Jakarta, Selasa.

Pada 2022, implementasi kerja sama tersebut dilakukan antara lain dengan menggelar kegiatan Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kemenperin #LagawiFest2022 di Lampung, dengan antara lain kurasi IKM untuk menentukan 30 IKM terpilih.

"Sebanyak 30 IKM tersebut juga telah kami berikan bimbingan untuk mengembangkan dan memajukan bisnisnya," ujar Ambar.

Selain itu, edukasi digital kepada IKM di Lampung, yang mana penyelenggaraan acara puncaknya akan digelar pada Juni 2022.

Sedangkan, partisipasi Kemenperin pada Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 adalah dengan mengusulkan fasilitator pada booth BI Lounge sebanyak dua orang dari Klinik Desain Merek Kemasan dan dua orang dari Klinik Kekayaan Intelektual Ditjen IKMA Kemenperin.

Kemudian, Kemenperin juga mengusulkan 13 IKM dalam Business Matching Pembiayaan, 14 IKM dalam Business Matching Ekspor, 12 IKM sebagai peserta pameran.

Selain itu, telah disiapkan rekaman video dukungan Menteri Perindustrian untuk acara pembukaannya.

Bank Indonesia menggelar Pekan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada 27 Mei 2022.

Sebanyak 13 kementerian dan lembaga bersinergi untuk menyelenggarakan 20 kegiatan secara campuran daring dan luring atau hybrid sepanjang Pekan KKI 2022, antara lain Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Selain pameran produk UMKM, webinar dan talkshow juga akan diselenggarakan dalam Pekan KKI 2022 untuk membangkitkan UMKM dari dampak COVID-19 dengan mendorong UMKM melakukan transformasi digital dan ekspor.

Baca juga: BI targetkan omzet UMKM capai Rp263,15 miliar pada Pekan KKI 2022
Baca juga: Kemenperin gelar program pengembangan wirausaha baru di Kalbar
Baca juga: Kemenperin: IKM bisa penuhi belanja pemerintah lewat Business Matching


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022