Zintan, Libya (ANTARA News) - Bentrokan meletus antara bekas pemberontak pejuang yang menggulingkan Muamar Gaddafi dan suku yang dipandang loyal kepada rezim yang jatuh itu, menewaskan empat orang, kata sumber seperti dikutip, Senin.

Pertempuran yang meletus Sabtu di dekat Zintan, satu kota 120 kilometer (75 mil) barat daya dari Tripoli, melibatkan bekas pemberontak Brigade Zintan dan anggota suku Mashashia.

Mohammed al-Khabbasha, seorang komandan militer di Zintan, mengatakan kepada AFP bahwa suku itu mendirikan sebuah pos pemeriksaan di daerah itu dan menangkap sekitar 20 orang sehingga meningkatkan ketegangan antar kelompok-kelompok bersaing.

Namun Mashashia telah menuntut pembebasan suku mereka sendiri yang ditangkap oleh Brigade Zintan karena berjuang bersama pasukan Gaddafi selama pemberontakan bersenjata, kata Khabbasha.

Para pejuang Zintan diberi penghargaan untuk memimpin unit yang ditangkap Tripoli dan dalam beberapa pekan terakhir ini mencoba untuk melucuti pasukan yang dipandang sebagai setia kepada rezim Gaddafi yang digulingkan, termasuk Mashashia tersebut.

"Kemarin (Minggu), Mashashia yang menembaki kami dengan roket. Hari ini, kita menjawab dengan Grad (roket)," kata Al-Jilani Salem, seorang pejabat militer di Zintan kepada AFP.(*)

H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011