Perdagangan berombak kemungkinan akan berlanjut di sesi mendatang, karena peserta pasar bereaksi terhadap komentar dari pejabat senior pemerintah Eropa dan perusahaan pemeringkat.
Tokyo (ANTARA News/AFP) - Saham Tokyo dibuka turun 1,37 persen pada Selasa, mengikuti penurunan Senin malam di pasar luar negeri, di tengah keraguan atas kekuatan pakta Eropa yang bertujuan untuk mengakhiri krisis keuangan zona euro.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Saham Tokyo dibuka turun 118,30 poin di 8.535,52.

Saham AS mengikuti rekan-rekan mereka lebih rendah di Eropa pada Senin. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 1,34 persen menjadi mengakhiri sesi di 12.021,39.

Para pemimpin Uni Eropa pada pembicaraan pekan lalu membuat sebuah langkah ke arah aturan fiskal yang lebih keras, tetapi Kenichi Hirano, operating officer di Tachibana Securities, mencatat bahwa kritik atas pertemuan puncak itu oleh lembaga pemeringkat kredit yang mengirim saham AS berjatuhan.

Perdagangan berombak kemungkinan akan berlanjut di sesi mendatang, karena peserta pasar bereaksi terhadap komentar dari pejabat senior pemerintah Eropa dan perusahaan pemeringkat, Hirano mengatakan.

Fitch Ratings mengatakan, meskipun keputusan sebagian besar negara Uni Eropa untuk mengordinasikan pengetatan anggaran guna menyelesaikan krisis utang, "ketegangan pasar tetap tinggi."

Moody`s Investors Service mengatakan bahwa komunike yang diterbitkan pada Jumat menyusul KTT Uni Eropa menawarkan "beberapa langkah-langkah baru".

Moody`s mengatakan, pihaknya akan meninjau peringkat dari semua negara Uni Eropa awal tahun depan guna memecahkan kegagalan mendatang dengan langkah-langkah yang diyakini diperlukan untuk menjinakkan krisis utang zona euro.

(A026/A011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011