Kabul (ANTARA News/Xinhua-0ANA) - Seorang tentara NATO tewas dalam serangan gerilyawan di wilayah bergolak Afghanistan selatan pada Rabu, kata aliansi militer itu pada Kamis pagi.

"Seorang anggota Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) tewas setelah terjadi serangan gerilyawan di Afghanistan selatan, kemarin," kata ISAF yang dipimpin NATO dalam siaran pers di Kabul.

Namun, siaran singkat itu tidak mengungkapkan kebangsaan korban, karena berdasarkan kebijakan ISAF, hanya mengatakan "itu adalah kebijakan ISAF untuk menunda prosedur identifikasi korban kepada otoritas nasional yang relevan,"

Pasukan terutama dari Amerika Serikat, Inggris dan Australia telah ditempatkan di wilayah selatan dalam kerangka ISAF untuk memerangi gerilyawan Taliban di sana.

Pemberontakan yang dipimpin Taliban telah merajalela sejak kelompok militan itu mengumumkan meluncurkan ofensif pemberontak mulai sejak 1 Mei terhadap aparat keamanan Afghanistan dan sekitar 130.000 pasukan koalisi pimpinan NATO di Afghanistan.

Sebanyak 548 tentara asing, sebagian besar dari mereka orang Amerika, telah tewas di Afghanistan sejauh ini tahun ini.

(Uu.H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011