New York (ANTARA News) - Data positif pada pasar pekerjaan, kegiatan industri dan perdagangan AS memberikan sebuah dorongan untuk saham AS pada Kamis waktu setempat (Jumat pagi WIB), namun krisis zona euro terus membayangi pasar, lapor AFP.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 45,33 poin (0,38 persen) menjadi berakhir di 11.868,81.

S&P 500 yang lebih luas, naik 3,93 poin (0,32 persen) menjadi 1.215,75, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik tipis 1,70 poin (0,07 persen) menjadi 2.541,01.

Sentimen terangkat laporan bahwa klaim pengangguran baru mencapai terendah tiga tahun pekan lalu, menunjukkan PHK yang melambat dan bisnis di Amerika Serikat merasa lebih percaya diri.

"Data klaim pengangguran terbaru berada di antara tanda-tanda paling menjanjikan dalam pemulihan sampai saat ini bahwa pasar tenaga kerja mungkin akan melihat sebuah kenaikan dalam penciptaan pekerjaan," kata RDQ Economics.

Data baru juga menunjukkan bahwa defisit neraca transaksi berjalan AS, ukuran luas perdagangan, jatuh ke tingkat terendah dalam hampir dua tahun, dan ada data mantap pada kecepatan manufaktur di daerah Philadelphia dan New York.

Saham perusahaan jasa pengiriman FedEx naik 8,00 persen karena lompatan yang lebih baik dari perkiraan pada laba per saham untuk kuartal fiskal kedua.

Saham Freeport-McMoran kehilangan 1,5 persen karena harga emas terus tenggelam.

Novellus, yang membuat mesin untuk pembuatan chip komputer, melonjak 16,3 persen setelah Lam Research, produser lain peralatan chip, setuju untuk membelinya sebesar 3,3 miliar dolar AS dalam saham. Saham Lam jatuh 8,4 persen.

Saham pembuat peralatan medis SonoSite melompat 27,1 persen setelah Fujifilm menawarkan untuk membelinya sebesar 54 dolar AS per saham, dibandingkan dengan penutupan Rabu 42,24 dolar AS. Fujifilm kehilangan 1,5 persen.

Dalam perdagangan "after market", saham pembuat BlackBerry, Research in Motion kehilangan 6,74 persen setelah melaporkan, setelah pasar ditutup, penurunan 71 persen dalam laba kuartal fiskal ketiga.

Penurunan laba itu terutama berasal dari penghapusbukuan (write off) kerugian terkait dengan PlayBook, yang gagal dmendorong pasar komputer tablet.

Harga obligasi AS berkurang sedikit setelah melompat pada Rabu karena euro "rebound" setelah dua hari terjun.

Imbal hasil pada Treasury 10-tahun naik menjadi 1,91 persen dari 1,90 persen pada Rabu, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik tipis menjadi 2,93 persen dari 2,91 persen.

Karena harga obligasi naik, imbal hasil obligasi turun. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011