Ini bukan pertama kali kita membuat konsep FoLU Net Sink
Jakarta (ANTARA) - Implementasi dari kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat yang dilakukan lewat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) salah satunya diwujudkan dalam bentuk pertukaran informasi dan pengetahuan serta kolaborasi dalam kegiatan dan penelitian untuk mencapai penyerapan bersih sektor kehutanan dan penggunaan lahan atau FoLU Net Sink 2030.

"Implementasi kerja sama meliputi kegiatan yang pertama pertukaran informasi dan pengetahuan. Yang kedua pengembangan dan pelaksanaan proyek bersama dan yang ketiga pelibatan dan kolaborasi pemangku kepentingan dalam kegiatan dan penelitian," ujar Sekretaris Jenderal Bambang Hendroyono dalam konferensi pers usai penandatangan nota kesepahaman KLHK dan USAID di Jakarta, Jumat.

Implementasi itu akan dilakukan dalam bidang-bidang prioritas dari Rencana Operasional Forestry and Other Land Use (FoLU) Net Sink 2030 Indonesia untuk mencapai penyerapan bersih karbon di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain.

Bidang-bidang tersebut meliputi upaya pengurangan deforestasi dan degradasi hutan yang terus berlangsung, pengelolaan hutan lestari baik hutan alam dan hutan tanaman, rehabilitasi hutan dan lahan, restorasi lahan gambut dan mangrove serta konservasi dan keanekaragaman hayati.

Baca juga: KLHK terus percepat berbagai langkah dukung FoLU Net Sink 2030

Baca juga: KLHK dan USAID kerja sama dukung tercapainya FoLU Net Sink 2030


Penandatanganan nota kesepahaman itu, yang disaksikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim, mencantumkan secara garis besar kerja sama penurunan emisi yang sejalan dengan Rencana Operasional FoLU Net Sink 2030 Indonesia dan strategi iklim USAID 2022-2030.

"Mulai tahun ini juga sudah berjalan dan ini bukan pertama kali kita membuat konsep FoLU Net Sink yang dikerjasamakan tapi memang sudah berjalan sejak adanya keputusan Menteri (LHK) yang telah ditetapkan tahun ini," kata Bambang.

Sebelumnya, Menteri LHK Siti Nurbaya telah meneken Keputusan Menteri LHK Nomor 168 tentang FoLU Net SInk 2030 pada 24 Februari 2022 sebagai dasar hukum untuk mencapai target pengendalian iklim secara khusus di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain.

Rencana Operasional FoLU Net Sink 2030 itu dikeluarkan untuk mendukung usaha mencapai pengurangan emisi sektor FoLU yang ditargetkan hampir 60 persen dari total target penurunan emisi nasional.

Baca juga: Indonesia menuju "net sink" karbon sektor FoLU 2030

Baca juga: Kolaborasi dengan komunitas lokal penting capai FoLU Net Sink 2030

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022