Jakarta (ANTARA) - PT Bank Jago Tbk melakukan salurkan kredit modal kerja kepada platform e-commerce jual beli mobil bekas PT Carsome Indonesia.

Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago fokus pada kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku ekonomi digital, seperti Carsome Indonesia.

Direktur Bank Jago Sonny Christian Joseph mengatakan, penyaluran kredit modal kerja itu diharapkan dapat mendukung bisnis Carsome Indonesia yang fokus kepada transaksi jual beli mobil bekas secara daring.

"Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Kami tentu berharap kerja sama ini dapat mempercepat perkembangan usaha Bank Jago ke depan dengan tetap menjaga risiko yang terkendali," ujar Sonny lewat keterangan di Jakarta, Jumat.

Sonny menambahkan bahwa kolaborasi Bank Jago dan Carsome merupakan tahap awal karena Bank Jago sedang merencanakan berbagai kolaborasi lain dengan ekosistem digital Carsome Indonesia.

Beberapa rencana yang disiapkan adalah kolaborasi pembiayaan dealer mobil bekas yang tergabung dalam ekosistem Carsome Indonesia serta kolaborasi pembiayaan kepada pembeli mobil bekas (end user) di platform e-commerce Carsome Indonesia.

Andrew Mawikere selaku CEO Carsome Indonesia mengatakan bahwa di tengah meningkatnya jumlah orang yang melihat kendaraan pribadi sebagai moda transportasi teraman saat pandemi COVID-19, mobil bekas menawarkan kelebihan dari sisi keterjangkauan harga dan ketersediaan dan variasi unit.

"Kami menyambut baik kerja sama strategis dengan Bank Jago sejalan dengan upaya kami memperluas cakupan bisnis dan layanan Carsome hingga seluruh Indonesia dan menciptakan ekosistem kepemilikan mobil secara menyeluruh di Asia Tenggara. Melalui kerja sama Bank Jago dengan Carsome, kami berharap dapat membuka lebih banyak nilai tambah dan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan, sekaligus memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi nasabah di Indonesia," ujar Andrew.

Sampai dengan Maret 2022, Bank Jago telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 32 institusi. Salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah partnership lending dengan fintech lending, multifinance, dan institusi keuangan digital lainnya.

Partnership lending itu mendorong kredit dan pembiayaan syariah Bank Jago tumbuh 376 persen dalam setahun hingga mencapai Rp6,14 triliun pada akhir kuartal I 2022.

Pola partnership lending ini memampukan Bank Jago untuk ekspansif tetapi tetap menjaga risiko yang terkendali. Hal itu tercermin pada rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross terjaga di level 1,5 persen dan NPL nett berada di level 0,4 persen pada akhir kuartal I 2022.

Carsome Indonesia merupakan bagian dari Carsome Group, e-commerce terintegrasi di Asia Tenggara untuk mobil bekas yang saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura serta tersebar di lebih dari 100 Carsome Inspection dan Experience Center di lebih dari 70 kota.

Carsome memiliki tujuan untuk mendigitalisasikan industri mobil bekas dengan meningkatkan kenyamanan dalam transaksi jual beli mobil bekas via platform online.

Baca juga: Bank Jago raih laba pada 2021 setelah dua tahun bertransformasi
Baca juga: Satu tahun berdiri, aplikasi Jago wujudkan mimpi para nasabah
Baca juga: Bank Jago lanjutkan kinerja positif di kuartal I 2022

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022