Jakarta (ANTARA) - Indonesia Council for Small Business (ICSB) memberikan ICSB Presidential Awards kepada 16 penerima sebagai apresiasi terhadap kinerja institusi pemerintah, korporasi, sejumlah individu pebisnis, peneliti, dan pembina dalam upaya mengembangkan kapabilitas kewirausahaan pengusaha serta pelaku UKM.

“ICSB Presidential telah diselenggarakan sejak tahun 2016. Karena pandemi (COVID-19) yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun terakhir, maka khusus untuk ICSB Presidential tahun 2022 ini hanya akan dianugerahkan kepada pemerintah, korporasi dan beberapa para individu pebisnis,” ucap Presiden ICSB Jacky Mussry dalam acara Jakarta Marketing Week 2022 yang dipantau secara virtual, Jakarta, Jumat.

Ke-16 penerima penghargaan ajang ini adalah Deputi Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Pertamina, lalu Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Kemudian ialah PT Pertamina Lubricant, PT Pos Indonesia (Persero), PT Bank DKI, PT Astra Internasional Tbk, PT Petrokimia Gresik, PT Jamkrindo, Blibli, PT Grab Indonesia, PT Sarinah, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pembangkitan Jawa Bali, dan PT Permodalan Nasional Madani (PMN).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memperkuat motivasi semua pihak untuk konsisten berkontribusi bagi kemajuan UKM Indonesia dan daya saing ekonomi Indonesia,” ungkap dia.

Kata Jacky, ICSB merupakan organisasi non profit yang aktif melakukan pemberdayaan khususnya dalam aspek kewirausahaan yang ditujukan kepada para pelaku UKM.

Organisasi ini memiliki kepengurusan di 12 wilayah Indonesia dengan melibatkan berbagai individu dan latar belakang baik dari pemerintah, peneliti, akademisi, pembina, dan praktisi bisnis.

Sebelum pandemi COVID-19, ICSB telah menjalankan program Galang UKM Indonesia secara bertahun-tahun di 20 kota seluruh Indonesia.

“20 kotanya ini bukan kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, tetapi kota kedua (seperti) Amurang (Minahasa Selatan, Sulawesi Utara) kemudian kaya Deli Serdang (Sumatera Utara), Karanganyar (Jawa Tengah), dan kota-kota kecil yang memang berpotensi untuk UKM,” ujarnya.

Karena program Galang UKM Indonesia sering dihadiri oleh para wanita, pihaknya berinisiatif membentuk Womenpreneur Indonesia Network atau WIN yang berfungsi sebagai platform untuk pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan.

“Kalau ibu-ibu wirausaha-nya diperkuat, profesionalisme-nya diperkuat, rasa-rasanya berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia,” kata Jacky.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022